fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Tea Tree Oil Bagi Kesehatan Kulit

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tea tree oil berasal dari daun Melaleuca alternifolia, pohon kecil asli Queensland dan New South Wales, Australia. Tea tree oil telah digunakan sebagai obat tradisional oleh bangsa Aborigin selama berabad-abad. Daun tea tree oil dihancurkan hingga menghasilkan ekstrak minyak. Ekstrak ini kemudian dihirup untuk mengobati batuk pilek atau dioleskan langsung ke kulit untuk penyembuhan. Kini penggunaan tea tree oil makin dikenal luas di seluruh dunia. Tea tree oil tersedia dalam bentuk minyak 100% murni dan memiliki manfaat kesehatan kulit yang luar biasa. Cocok untuk kecantikan. Berikut manfaat tea tree oil dilansir dari berbagai sumber.

Mengobati Jerawat

Tea tree oil adalah pilihan populer untuk mengobati jerawat karena sifat anti-inflamasi dan antimikroba yang dimiliki. Tea tree oil dapat menenangkan kemerahan, pembengkakan, dan peradangan akibat jerawat. Tea tree oil juga bisa membantu mencegah dan mengurangi bekas jerawat. Tea tree oil mengobati jerawat dengan mempercepat penyembuhan. Efek seperti pengelupasan dan kulit kering juga sangat ringan sehingga tidak ada efek samping serius yang berkembang. Encerkan 3 tetes minyak pohon teh ke dalam 2 ons witch hazel. Gunakan sebagai toner sepanjang hari. Anda juga bisa menggunakan pembersih wajah, pelembab, dan perawatan wajah yang mengandung tea tree oil.

Atasi Minyak Berlebih

Sifat antiseptik tea tree oil dapat membantu memerangi kulit berminyak. Dilansir dari Medical News Today, sebuah studi kecil tahun 2016 menemukan bahwa peserta yang menggunakan tabir surya yang mengandung tea tree oil selama 30 hari menunjukkan kestabilan kadar minyak di wajah. Campurkan beberapa tetes tea tree oil ke toner, pelembab, atau tabir surya. Anda juga bisa menambahkan dua tetes tea tree oil ke masker perawatan wajah.

Atasi Gatal Di Kulit

Sifat anti-inflamasi tea tree oil membuatnya berguna dalam menghilangkan rasa tidak nyaman pada kulit yang gatal. Tea tree oil menenangkan kulit dan juga dapat membantu menyembuhkan infeksi yang menyebabkan kulit gatal. Dilansir dari Medical News Today, sebuah tudi di The Archives of Dermatological Research membandingkan penggunaan seng oksida dan clobetasone butyrate dengan tea tree oil pada orang dengan dermatitis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minyak pohon teh lebih baik dalam mengurangi dermatitis alergi daripada agen topikal lainnya.

Atasi Kulit Kering dan Eksim

Tea tree oil membantu menghidrasi kulit dan mencegah kulit kering. Minyak esensial ini dapat membantu menenangkan kulit kering dengan mengurangi rasa gatal dan iritasi. Tea tree oil dapat mengatasi eksim akibat kulit kering dan membantu melembabkan kulit.

Jadi Penyembuh Luka dan Infeksi

Sifat antibakteri dari tea tree oil membuatnya menjadi penyembuh luka yang efektif. Menurut sebuah studi tahun 2013, minyak pohon teh membantu menyembuhkan luka yang disebabkan oleh bakteri. Sifat anti-inflamasinya juga menenangkan dan meringankan kulit yang sakit dan teriritasi. Minyak ini juga bisa mengurangi kemerahan dan pembengkakan.

Atasi Psorias

Psoriasis adalah kondisi autoimun yang ditandai oleh wabah kulit merah, gatal, bersisik. Tea tree oil berguna dalam mengobati gejala psoriasis, seperti infeksi dan peradangan, sambil meningkatkan kekebalan tubuh. Tea tree oil mengandung senyawa anti-inflamasi yang bisa bermanfaat untuk mengurangi gejala psoriasis.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler