fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Manfaat Timun Untuk Kulit Wajah

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Kandungan air, Vitamin C, Vitamin B1, Vitamin A, biotin dan potasium dari mentimun mampu mengatasi masalah kulit seperti kulit wajah berminyak, kering, dan sensitif. Selain itu, mentimun juga bermanfaat untuk mengembalikan warna kulit akibat sengatan matahari, mengecilkan pori-pori wajah, dan bahkan mencegah penuaan dini. Berikut enam manfaat masker timun untuk kulit wajah Anda.

Mengurangi Ruam

Manfaat masker timun untuk wajah pertama dapat meringankan kondisi ruam pada kulit. Mentimun dapat mengembalikan kondisi kulit kembali normal dan terbebas dari bekas luka. Untuk mendapatkan manfaat timun ini, Anda bisa mengoleskan masker timun dengan campuran lemon. Diamkan selama 15 menit lalu bersihkan dengan air dingin. Ulangi cara tersebut selama beberapa minggu dan Anda akan merasakan perbedaannya.

Cegah Penuaan Dini

Seiring bertambahnya usia, tak dipungkiri kulit cenderung menjadi longgar dan menyebabkan garis-garis halus dan kerutan. Untuk menghindari kondisi ini terlalu dini, Anda bisa menggunakan manfaat timun untuk wajah. Timun dapat membantu mengatasi masalah tersebut dengan menjaga kulit agar tetap kencang. Manfaat timun untuk wajah ini didapat berkat adanya kandungan mangan dan kalium di dalamnya. Gunakan timun sebagai masker wajah. Campurkan timun halus dengan putih telur dan lakukan proses masker seperti biasa.

Berita Lainnya  Enam Efek Bahaya Membersihkan Make Up dengan Tisu Basah

Menghidrasi Kulit

Timun mengandung 96% air, yang berarti timun sangat menghidrasi. Hal ini berarti timun dapat menggantikan lotion pelembap Anda. Untuk mendapatkan manfaat timun untuk wajah ini, Anda bisa menggunakannya sebagai masker. Masker timun yang dicampurkan dengan bahan alami lainnya dapat menenangkan kulit. Parut timun dan gunakan juga air jusnya, kemudian gabungkan dengan tahu susu atau dadih. Aduk hingga merata campuran tersebut, lalu oleskan masker timun pada wajah. Diamkan hingga mengering dan cuci bersih setelahnya.

Mengatasi Kulit Terbakar

Manfaat timun untuk wajah lainnya mampu meringankan kulit terbakar akibat sengatan matahari dan kulit yang berminyak. Timun dapat membantu beberapa masalah kulit tersebut dan menjadikannya lebih muda. Untuk merasakan keuntungan timun tersebut, Anda bisa menggunakannya sebagai astringent dan toner alami. Keuntungan ini didapat karena timun memiliki kandungan air yang sangat tinggi, sehingga mampu membuat kulit tetap utuh, lembap, hingga bercahaya.

Berita Lainnya  Lima Gejala Tubuh Mengidap Sinusitis

Mengatasi Kulit Berminyak

Untuk merasakan manfaat timun untuk wajah berikutnya, bisa bersihkan, kupas, dan haluskan setengah buah timun. Kemudian masukkan satu sendok makan yoghurt tawar dan aduk hingga tercampur rata. Oleskan masker timun tersebut ke wajah dan diamkan selama 10 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat hingga bersih.

Bantu Perbaiki Kulit yang Rusak

Manfaat timun untuk wajah berikutnya dapat dijadikan untuk memperbaiki kulit yang rusak. Caranya, rebus irisan timun yang sudah dicuci bersih dan dikupas selama 5-7 menit. Kemudian haluskan, saring, dan masukkan cairan yang tersisa ke dalam botol semprot, lalu semprotkan toner tersebut pada wajah. Simpan toner mentimun ini dalam kulkas dan buang setelah 4 hari.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler