fbpx
Connect with us

Info Ringan

Tujuh Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Tahukah Anda, kalau kulit pisang bisa dimakan? Ya, Anda tidak salah baca, kulit pisang bisa dimakan, bahkan di beberapa negara seperti India, memakan kulit pisang adalah hal yang umum. Kulit pisang justru punya beragam kandungan yang baik untuk tubuh. Mungkin Anda tidak tahu kalau selain buahnya, ada banyak sekali manfaat kulit pisang, baik itu untuk kulit atau juga untuk kesehatan yang lainnya seperti berikut:

  1. Merawat Kesehatan Rambut

Manfaat kulit pisang yang pertama adalah dapat membuat rambut lebih sehat. Menggunakan kulit pisang sebagai masker rambut adalah pilihan terbaik untuk membuat rambut Anda lebih lembut dan berkilau. Hal ini karena kulit pisang kaya akan antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas untuk menjaga rambut tetap kuat dan sehat.

  1. Menghilangkan Noda Plak Pada Gigi

Masalah yang kerap dihadapi perokok dan juga pecinta kopi adalah plak yang menempel di gigi yang membuat gigi menguning. Kadar kalium, magnesium, dan mangan yang tinggi pada pisang dipercaya dapat membantu menghilangkan noda pada gigi. Cara menggunakannya, Anda cukup gosok gigi dengan bagian dalam kulitnya selama kurang lebih dua menit. Setelah pemakaian 2 minggu, noda plak akan memudar dan gigi terlihat lebih putih.

  1. Manfaat Kulit Pisang Untuk Mengobati Luka

Manfaat kulit pisang lainnya adalah bisa Anda jadikan obat untuk pertolongan pertama saat luka. Hal ini karena kulit pisang mengandung antimikroba, antioksidan, dan anti-inflamasi yang dapat mengobati luka dan mencegah terjadinya infeksi. Ketika luka, cobalah untuk menggosok-gosokan kulit pisang pada bagian yang luka secara perlahan selama beberapa menit.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Jika Anda sering mengalami sakit kepala, cobalah atasi dengan menggunakan kulit pisang. Caranya, masukkan kulit pisang ke dalam kulkas hingga dingin. Setelah dingin, tempelkan pada bagian dahi dan bagian belakang leher selama 15 menit.

  1. Melancarkan Buang Air Besar

Kulit pisang kaya akan serat yang baik untuk Anda yang punya masalah buang air besar tidak teratur. Anda bisa mengeruk bagian dalam dari kulit pisang dan membuatnya jadi jus.

  1. Menghilangkan Kutil

Manfaat kulit pisang juga bisa membantu menghilangkan kutil atau juga bakal kutil yang ingin tumbuh. Caranya, Anda cukup tempelkan kulit pisang di area kutil, tutup selama semalaman.

  1. Mengobati Psoriasis

Psoriasis adalah peradangan pada kulit yang ditandai dengan munculnya ruam merah, kulit kering, menebal, bersisik, dan mudah terkelupas. Jika Anda mengalami psoriasis, cobalah untuk mengobatinya dengan kulit pisang. Anda cukup menggosokkan kulit pisang pada bagian yang kulit yang mengalami psoriasis. Untuk pemakaian pertama kali, kulit Anda mungkin akan mengalami kemerahan, tapi Anda tidak usah khawatir karena ini akan hilang dengan sendirinya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler