fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Penyebab Anak Mudah Sembelit

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Sembelit adalah ketidakmampuan mengeluarkan tinja secara sempurna, frekuensi BAB berkurang dari biasanya, dan tinja lebih keras, lebih besar, dan nyeri dibandingkan sebelumnya. Sembelit dapat mengganggu kualitas hidup anak. Selain menyebabkan perut terasa penuh, pada kondisi yang kronis, sembelit juga dapat memicu sakit perut. Ada banyak penyebab sembelit pada anak, di antaranya adalah:

Sering Menahan Tinja 

Sering menahan tinja sering terjadi pada anak sekolah karena anak takut BAB di sekolah atau karena toilet di sekolah jorok, berbau, atau gelap. Penyebab sembelit pada anak yang satu ini akan membuat tinja semakin keras dan sulit dikeluarkan karena air dalam tinja diserap kembali oleh usus.

Kurang Serat atau Kurang Cairan

Kurang konsumsi makanan berserat dan kurang minum juga merupakan penyebab terjadinya sembelit pada anak. Sebab, keduanya dibutuhkan untuk membuat tinja lunak dan mudah dikeluarkan.

Efek Samping Beberapa Obat

Pemberian obat dapat menjadi salah satu penyebab sembelit pada anak. Beberapa obat yang memberikan efek sembelit, misalnya zat besi, antikejang, dan obat maag.

Alergi pada Produk Susu Tertentu

Salah satu penyebab sembelit pada anak dapat dipicu oleh alergi susu formula. Apabila anak diberikan susu formula atau terlalu banyak dalam mengonsumsinya, maka bisa terjadi sembelit yang diakibatkan oleh susu.

Jarang Beraktivitas Fisik

Salah satu penyebab sembelit pada anak adalah kurangnya anak bergerak. Olahraga atau aktivitas fisik yang kurang, misalnya karena anak hanya menonton TV atau memainkan video game, berpotensi memicu anak susah BAB.

Memiliki Masalah Saraf dan Tulang Belakang

Selain beberapa penyebab di atas, anak yang memiliki masalah tulang belakang dan gangguan saraf juga rentan mengalami sembelit karena proses buang air besar diatur oleh sistem saraf.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler