fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Melancarkan Siklus Haid

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Menstruasi merupakan salah satu proses reproduksi alami yang terjadi oleh setiap wanita. Umumnya, siklus menstruasi terjadi selama tiga sampai tujuh hari dalam kurun waktu 28 hari. Tiap wanita mengalami siklus menstruasi yang berbeda-beda, ada yang kurang dari tujuh hari dan lebih dari tujuh hari. Bahkan, beberapa wanita juga ada yang mengalami siklus menstruasinya tidak lancar. Namun, tak perlu khawatir selama tidak disertai gejala-gejala tertentu. Bagi Anda yang mengalami siklus menstruasinya tidak lancar, simak tips di bawah ini yang dilansir dari heyworld.co.id.

Tidur yang Cukup 

Tidur merupakan waktu yang tepat untuk tubuh kembali melakukan regenerasi sel dan produksi hormon. Kurang tidur dapat memicu kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuh terganggu. Padahal, kedua hormon tersebut sangat berperan dalam perubahan siklus menstruasi. Selain waktu untuk regenerasi sel, tidur yang cukup dapat membantu Anda untuk membantu tubuh lebih rileks. Dalam sehari, usahakan tidur selama tujuh hingga delapan jam untuk hasil yang optimal.

Kelola Stres

Selain kurang istirahat, stres juga dapat memengaruhi siklus menstruasi seseorang menjadi tidak lancar. Hal ini terjadi karena kondisi tersebut dapat menyebabkan hormon kortisol dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Anda bisa membiasakan diri mandi dengan air hangat sebelum tidur. Mandi air hangat dapat membantu tubuh dan pikiran agar lebih rileks. Apabila Anda mengalami stres yang mengakibatkan penurunan berat badan, segera lakukan konseling dengan psikolog agar dapat teratasi.

Buah dan Sayur 

Makanan atau minuman yang kita konsumsi akan sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh. Hal itu juga terjadi pada siklus menstruasi. Kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji, makanan olahan, dan makanan mengandung pengawet menjadi penyebab terhambatnya menstruasi. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mencoba untuk menjaga pola makan yang sehat dan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah-buahan yang mengandung vitamin C sangat dianjurkan untuk memperlancar menstruasi. Selain vitamin C, mengonsumsi kacang-kacangan, omega tiga, dan vitamin D juga sangat dianjurkan untuk melancarkan menstruasi. Selain membantu menyerap kalsium, vitamin D juga berfungsi untuk membantu mengatur ovulasi agar teratur. Anda bisa mendapatkan vitamin D melalui sinar matahari pagi antara jam 10 hingga 11 pagi setiap harinya. Apabila Anda ingin mengonsumsi suplemen untuk mencukupi kebutuhan vitamin D, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu, ya.

Konsumsi obat herbal

Mengonsumsi obat herbal sebagai salah satu upaya memperlancar menstruasi memang belum banyak ditemukan. Namun, tak ada salahnya mencoba berbagai bahan-bahan alami seperti jahe, kayu manis, dan kunyit yang direbus dengan air panas untuk melancarkan menstruasi.

Rutin Olahraga 

Olahraga rutin setiap hari tak hanya membuat tubuh terasa lebih bugar dan sehat, tapi juga dapat membuat siklus menstruasi lebih lancar. Tidak perlu olahraga berat, olahraga ringan pun juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh seperti joggingtreadmill, dan yoga.

Konsultasi ke dokter 

Lakukan konsultasi ke dokter jika berbagai cara di atas tidak membuahkan hasil. Dokter akan memberikan pengobatan paling tepat untuk membantu melancarkan menstruasi yang tidak teratur. Selain itu, Anda harus segera konsultasi dengan dokter.

 

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler