fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips dalam Memilih Mobil Bekas

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Tidak semua orang menjual mobil mereka karena kondisinya yang sudah tak lagi baik. Banyak juga kok, mobil dengan status second yang kualitasnya mendekati mobil baru. Tentunya untuk bisa menemukan mobil bekas berkualitas, dibutuhkan kejelian. Selain jeli melihat kondisinya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan membeli mobil bekas. Berikut ini enam tips memilih mobil bekas dolansir dari otospector.co.id.

Catatan Servis Lengkap

Salah satu kelengkapan yang penting untuk ditanyakan adalah catatan servis kendaraan tersebut. Apakah servis rutin dilakukan? Jika ya, apakah catatan nya lengkap? Di bengkel mana servis dilakukan? Service record sangat lah penting karena mobil yang dirawat secara rutin, tentunya akan memiliki performa dan kondisi yang lebih prima. Mobil yang rutin servis berkala juga mencerminkan kepribadian pemilik sebelumnya yang menjaga dan merawat kondisi mobil. Jika memungkinkan, pilih mobil yang selalu servis di bengkel resmi, sehingga Anda juga bisa memastikan keaslian odometer mobil incaran Anda.

Waspada Mobil Harga Miring

Pepatah “ada rupa ada harga” berlaku saat Anda membeli mobil bekas. Bukan berarti Anda tidak dapat menemukan mobil kualitas bagus dengan harga murah, tetapi tetapi Anda harus lebih berhati-hati dan jeli memeriksa kondisi mobil apabila harga jauh di bawah pasaran. Hal ini dikarenakan banyak mobil bekas kecelakaan dan banjir yang dijual kembali dengan harga murah. Selain itu, penjual juga kadang memasang harga murah hanya untuk memancing supaya pembeli datang ke showroom nya untuk ditawarkan mobil yang lain.

Berita Lainnya  Sembilan Merek Sepatu Kasual Internasional yang Digemari di Indonesia

Periksa Aksesoris dan Interior

Saat melakukan pemeriksaan kondisi mobil, pertama periksa bagian interior mobil. Ada banyak komponen interior yang perlu dicek fungsi nya seperti AC, sistem audio, dan switch lampu. Anda harus pastikan semua fitur bekerja dengan baik, terutama fitur keamanan seperti sabuk pengaman. Setelah itu, teliti kondisi interior mobil. Coba duduki jok depan dan belakang apakah masih nyaman, periksa kondisi dashboard, plafon dan karpet. Perhatikan pula bau interior, apakah interior berbau apek? Jika iya, ini bisa jadi salah satu indikasi mobil tersebut pernah kena banjir.

Cek Body Mobil

Setelah itu, periksa kondisi body dan eksterior mobil secara menyeluruh. Pastikan komponen seperti pintu, kap mesin dan juga kaca mobil, masih orisinil atau tidak. Selain itu perhatikan juga kondisi cat mobil, terkadang cat mobil menjadi belang dikarenakan perbaikan yang tidak rapi. Yang paling penting saat memeriksa body adalah struktur rangka utama mobil tersebut. Pastikan rangka atau chassis mobil masih dalam keadaan prima, tidak ada bekas tabrakan atau perbaikan.

Berita Lainnya  Tren Kecantikan Korea yang Pernah Booming Di Indonesia

Kelengkapan Dokumen

Setelah memeriksa kondisi mobil dan Anda merasa cocok, sebelum melakukan pembayaran, periksa kelengkapan surat kendaraan, seperti STNK, BPKB dan Faktur. Jika mobil yang ingin Anda beli adalah mobil built-up, tanyakan Form A mobil tersebut. Cocokkan juga nomor rangka dan nomor mesin mobil, pastikan fisik mobil sesuai dengan surat-surat. Anda wajib memastikan bahwa  mobil yang akan Anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler