fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Bahan Alami Pencerah Kulit Ketiak

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Ketiak hitam merupakan masalah kecil yang sangat mengganggu bagi wanita. Ketika menggunakan baju tanpa lengan Anda mungkin  merasa kurang nyaman karena takut bagian ketiak Anda terlihat. Ketiak yang hitam dapat disebabkan banyak hal seperti  infeksi bakteri, gesekan dengan baju atau penyakit dasar seperti hipotiroid dan acanthosis nigricans. Namun, jangan khawatir karena terdapat   fakta menarik yang dapat membuat Anda tampil percaya diri.

Aloevera

Aloe vera sering digunakan untuk perawatan tubuh. Mulai dari rambut, kulit tubuh dan wajah. Untuk masalah ketiak hitam, aloe vera benar- benar membantu. Beberapa penelitian telah menunjukan bahwa bahan aktif aloin mempunyai efek memutihkan kulit dengan membantu agregrasi melanin. Melanin merupakan pigmen yang mewarnai kulit manusia. Selain itu, aplikasi gel aloe ke kulit Anda membatasi aktivitas enzim yang menyebabkan pigmentasi atau kulit yang menggelap. Selain itu, aloe mengandung properti antibakterial dan meredakan peradangan kulit. Beberapa ahli merekomendasikan menggunakan gel aloe yang alami karena beberapa tambahan pada gel aloe vera kemasan seperti parfum dapat menyebabkan iritasi pada kulit ketiak.

Mulberry

Mulberry tidak hanya buah untuk cemilan tetapi juga merupakan obat tradisional yang telah lama digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti pengobatan Unani dan Ayurveda. Mulberry mengandung zat aktif yang disebut Mulberroside F, yang dapat menghambat pembentukan melanin, sehingga mengurangi hiperpigmentasi  dan mencegah proses penghitaman kulit. Anda dapat menghancurkan buah murberry agar mendapatkan ekstraknya atau menggunakan daun pohon Murberry yang dikeringkan. Kemudian oleskan pada kulit ketiak Anda dan diamkan selama beberapa menit baru bersihkan.

Berita Lainnya  Tujuh  Pemicu Umum Penyebab Kerontokan Rambut

Jeruk atau Lemon

Buah jeruk atau lemon membantu membuat warna kulit menjadi lebih cerah dengan mengaplikasikan secara topikal pada kulit ketiak. Ekstrak kulit jeruk mengandung bioflavonoid yang disebut hesperidin. Penelitian menunjukkan bahwa komponen ini memiliki efek penghambat terhadap sintesis melanin dan juga meningkatkan kecerahan warna kulit. Selain itu, kulit jeruk memiliki efek antiseptik dan antibakteri. Jadi, setelah Anda menikmati kesegaran jeruk atau lemon jangan dibuang dulu kulit buahnya. Simpan dulu tetapi jangan terlalu lama agar tidak membusuk kemudian gunakan sebagai skrub untuk kulit Anda yang menghitam. Setelah pengaplikasian jeruk pada kulit Anda, oleskan pelembab pada kulit Anda karena jeruk dapat membuat kulit Anda kering.

Pir

Beberapa penelitian terhadap ekstrak tumbuhan menunjukan bahwa arbutin, sebuah komponen organik yang ditemukan pada pir mungkin memiliki efek yang lebih bercahaya pada kulit lewat supresi enzim tyrosinase. Enzim ini terlibat dalam reaksi kimia pigmentasi kulit pada sel melanosit. Komponen ini terkonsentrasi pada kulit, daun, buah dan pohon pir. Anda bisa menghaluskan kulit dan buah kemudian mengoleskannnya pada bagian ketiak Anda yang menghitam.

Berita Lainnya  Tujuh Bisnis Rumahan yang Bisa Dilakukan Ibu Rumah Tangga

Kentang

Kentang tidak saja memiliki rasa yang enak, namun juga sangat bernutrisi dan membantu mencerahkan kulit. Kentang mengandung banyak nutrisi esensial seperti vitamin B kompleks, kalium, magnesium, zinc dan lainnya. Namun zat yang bertanggung jawab terhadap kecerahan kulit adalah niacinamide, turunan dari vitamin B kompleks. Penelitian menunjukan bahwa niacinamide bekerja secara efektif dalam mencerahkan kulit. Anda dapat menggunakan kulit kentang untuk mencerahkan kulit bawah ketiak Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan potongan daging kentang. Anda dapat  menggosokan potongan daging kentang pada kulit Anda yang menghitam dengan gerakan sirkuler.

Baking Soda

Baking soda sering disebutkan sebagai bahan alami untuk terapi memutihkan kulit atau gigi. Baking soda bekerja dengan cara mengelupas kulit mati ketiak Anda. Kulit mati pada ketiak Anda akan membut kulit ketiak Anda tampak lebih gelap. Baking soda dapat digunakan sendiri atau digabungkan dengan air mawar. Untuk menghilangkan kulit hitam pada kulit ketiak, Anda dapat mencampur baking soda dengan air agar menjadi pasta tebal dan mengaplikasikan pada ketiak Anda. Kemudian gosoklah secara perlahan selama beberapa menit baru kemudian bersihkan ketiak Anda. Perawatan ini dapat Anda ulangi beberapa kali dalam seminggu.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler