fbpx
Connect with us

Info Ringan

Mengenal Berbagai Alat Pembayaran Non Tunai di Era Modern

Published

on

Uang merupakan alat pembayaran yang selama ini dikenal serta digunakan oleh masyarakat pada umumnya. Namun diera sekarang, perkembangan teknologi berkembang pesat juga berpengaruh pada perkembangan alat pembayaran yang semakin beragam. Alat pembayaran non tunai atau cashless semakin banyak digunakan belakangan ini karena lebih praktis, efektif dan efisien di era modernisasi dan digital

Meski sudah muncul sejak beberapa lama, akan tetapi sepertinya masih banyak orang yang belum mengenal alat pembayaran non tunai ini. OJK sendiri telah mengakui berkaitan dengan alat pembayaran non tunai, beberapa jenisnya sudah banyak digunakan oleh masyarakat umum untuk bertransaksi. Sebagai contohnya saja saat melakukan kegiatan belanja online ataupun lainnya.

Berikut ini adalah beberapa jenis alat pembayaran cashless yang mulai banyak dipergunakan oleh masyarakat umum :

1. Kartu Debit

Sebagian orang pastinya memiliki uang yang disimpan di sebuah bank dan memiliki kartu ATM. Kartu ini biasa digunakan untuk mengambil uang, namun untik pembayaran non tunai pun juga bisa. Caranya juga sangat mudah selagi tempat berbelanja yang dikunjungi bisa melayani pembayaran menggunakan kartu. Setelah kartu digesek pada alat yang tersedia, secara otomatis saldo akan berkurang.

2. Kartu Kredit

Kartu kredit merupakan salah satu alat pembayaran non tunai yang familiar. Alat pembayaran ini tidak semuanya memiliki. Dari pihak bank sendiri ada ketentuan khusus bila seseorang ingin memiliki kartu kredit, sebab sistem dari kartu ini adalah hutang.

Ada limit tersendiri pada kartu ini, dalam periode tertentu biasanya 1 bulan anda diberikan batas besaran uang yang bisa digunakan untuk berbelanja. Namun kemudian setiap tanggal tertentu, ada tagihan dari kartu tersebut yang harus dibayarkan.

3. Cek

Alat pembayaran non tunai yang satu ini sudah sejak lama dikenal oleh masyarakat umum. Selembar kertas cek tersebut merupakan surat perintah untuk bank agar melakukan pembayaran uang kepada pihak yang disebutkan dalam cek tersebut.

Pada umumnya, hanya orang-orang tertentu yang memegang cek ini. Disamping itu, nominal uang yang untuk pembayaran ini nominalnya juga dalam jumlah besar. Misalnya 100 juta rupiah atau bahkan lebih.

4. Uang Elektronik

Teknologi digital dan internet beberapa tahun terakhir berkembang sangat pesat. Banyak marketplace yang bermunculan pula yang memudahkan masyarakat untuk bertransaksi. Untuk semakin memudahkan masyarakat dalam berbelanja ini, dompet digital juga banyak bermunculan yang bisa digunakan untuk berbagai jenis pembayaran. Mulai dari tagihan air, listrik, pembayaran tagihan tertentu, berbelanja online serta lainnya.

Uang elektronik atau e-money ada yang diterbitkan oleh bank maupun perusahaan finansial lainnya. Bentuknya bisa berupa kartu maupun server. Contoh dari e-wallet yang cukup populer misalnya Go Pay, OVO, Shopee Pay dan DANA. Agar bisa digunakan untuk transaksi tentunya Anda harus mengisi saldonya dulu (top up). Banyak cara top up e-wallet namun sebaiknya pilih yang gratis saja yaitu Flip.

Dengan flip, top up Shopeepay bisa Anda lakukan tanpa biaya apapun alias gratis. Mulai dari transaksi transfer ke bank lain tidak dikenakan biaya administrasi, selain itu ada beragam keuntungan lain yang bisa didapat saat memanfaatkan aplikasi yang satu ini.

Sebanyak apapun Anda melakukan top up tidak ada biaya admin sedikitpun yang harus dibayar jika menggunakan Flip Lalu, bagaimana keamanan Flip?

Kalian tidak perlu khawatir akan keamanan aplikasi pembayaran non tunai yang satu ini, sebab Flip sudah berlisensi Bank Indonesia sebagai otoritas. Flip juga bisa Anda pakai untuk transfer uang antar bank gratis. Membeli pulsa dan paket data juga bisa Anda lakukan melalui Flip dengan cepat dan mudah, hanya dari 1 aplikasi saja.

Itulah jenis-jenis alat pembayaran non tunai atau cashless di atas bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi finansial Anda. Meskipun cara pembayaran non tunai (cashless) relatif aman dan praktis namun sebaiknya Anda tetap bijaksana menggunakannya. Jangan lupa menggunakan Flip yaa.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler