fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Merawat Tanaman Bambu Rejeki

Published

on

Jogja,(pidjar.com)–Dinamakan Bambu Rejeki, karena tanaman ini dipercaya mampu membawa keberuntungan. Meskipun bambu identik dengan negara Cina, ternyata tanaman Bambu Rejeki ini justru berasal dari negara Kamerun di Benua Afrika. Secara umum, ciri khas dari Bambu Rejeki adalah batangnya yang ramping dan lebih lentur daripada bambu pada umumnya dengan daun-daun yang memanjang. Tertarik membawa pulang Bambu Rejeki untuk dekorasi rumah? Yuk, cari tahu bagaimana merawatnya.

Media Lembab

Tanaman Bambu Rejeki bisa ditanam dengan media tanah ataupun media air. Meskipun bisa ditanam di media air, Bambu Rejeki justru tak membutuhkan banyak air. Air yang berlebihan justru akan merusak tanaman Bambu Rejeki. Jika kamu menggunakan media tanam tanah untuk Bambu Rejeki, pastikan sirami tanaman beberapa hari sekali saja untuk memastikan tanah tetap lembap (tidak kering) namun tidak terlalu basah.

Tambahkan Air Secukupnya

Untuk yang menanam menggunakan media tanam air, tambahkan air seminggu sekali dengan ketinggian air secukupnya asalkan akar dari tanaman hias ini tetap terendam. Hindari juga penggunaan pupuk yang berlebihan karena tanaman ini cukup sensitif akan perubahan kandungan nutrisi yang drastis.

Tidak Boleh Kena Sinar Matahari Secara Langsung

Meskipun setiap tanaman memerlukan sinar matahari untuk dapat tumbuh, tanaman Bambu Rejeki tak boleh terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari yang terlalu terik dan panas akan membuatnya cepat mengering dan mati.

Suhu Ruangan

Akan ada pula saat dimana bagian-bagian dari tanaman bambu yang kamu miliki menguning. Baik itu daun, ataupun kuncup tanaman. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kurangnya air, temperatur yang terlalu terik, atau pupuk dan tanah yang berlebih. Jadi usahakan agar di tempat yang suhu ruangan.

Memangkas Bagian Menguning

Cara merawat tanaman ini adalah selalu memangkas bagian-bagian yang menguning sebelum bagian kuning menyebar dan carilah penyebab menguningnya bambu. Jika karena sinar terlalu terik, maka pindahkan tanaman. Jika air ternyata sudah mengering, maka tambahkanlah air, dan seterusnya.

Jangan Mematahkan Batang

Salah satu daya tarik tanaman Bambu Rejeki adalah elastisitasnya sehingga mampu dibentuk-bentuk dan dibuat melengkung. Jika kamu ingin melakukan hal ini, pastikan kamu menggunakan bagian batang yang masih muda sehingga tingkat elastisitasnya baik. Lakukan juga pembentukkan secara perlahan agar tidak mematahkan batang dari tanaman bambu.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler