fbpx
Connect with us

Info Ringan

Enam Tips Membersihkan Ikan Agar Tidak Amis

Diterbitkan

pada tanggal

Jogja,(pidjar.com)–Manfaat ikan bagi Kesehatan Anda antara lain meningkatkan fungsi otak, menjaga Kesehatan tulang, mencegah penyakit jantung, baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, menjaga kesehatan mata, hingga menjaga kesehatan kulit. Wah, banyak, ya? Maka dari itu, sebelum ikan dimasak, ada baiknya untuk dibersihkan dengan baik dan benar terlebih dahulu. Membersihkan ikan tidak sulit, kok! Anda bisa mengikuti sepuluh langkah sederhana membersihkan ikan di bawah ini, ya! Apa saja tipsnya?

Rendam Di Air Hangat

Dalam membersihkan ikan, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memasukkan ikan ke dalam wadah dan merendamnya di air hangat. Gunanya ialah supaya bakteri yang menempel pada ikan dapat hilang dengan seketika.

Cuci Dalam Air Mengalir

Setelah ikan selesai direndam selama kurang lebih 10 menit, Anda bisa melanjutkannya dengan mencuci bersih ikan dengan air dingin mengalir, melalui keran. Gunakan saja air mengalir yang kecil, jangan terlalu besar supaya cipratan airnya tidak membasahi Anda. Kemudian, cucilah ikan sampai bersih, hingga ke sela-sela dalam bagian tubuh ikan. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat, ya guys!

Belah Perut Ikan

Setelah dirasa semua sisik pada kedua sisi badan ikan sudah bersih, belahlah perut ikan. Kemudian keluarkan semua isi dalam perut ikan. Pastikan Anda hati-hati dalam melakukannya. Jangan sampai empedu pada ikan pecah di dalam. Jika empedu pecah, maka seluruh daging pada tubuh ikan akan terasa pahit saat dimakan. Tak hanya itu, Anda juga harus membersihkan insang ikan, bagian kepala, dan potong beberapa bagian sirip ikan atau ekor ikan. Sesuaikan saja selera. Sirip dan ekornya, dipotong atau tidak.

Bersihkan Sisik Ikan

Bersihkan sisik ikan dimulai dari bagian ekor ikan, lalu tarik hingga ke arah kepala ikan. Kikis sisik ikan hingga bersih pada kedua sisi badan ikan. Pastikan tidak ada sisik yang tersisa.

Bilas Ikan

Selanjutnya, saat isi perut ikan sudah bersih, dan beberapa bagian ikan sudah dipotong, letakkan kembali ikan di bawah air yang mengalir untuk dibilas. Kembalilah cuci ikan di air yang mengalir hingga bersih. Masukan jarimu ke sela-sela tubuh ikan, dan buka bagian kepalanya untuk dicuci. Fungsinya adalah untuk memastikan tidak ada kotoran dan darah yang tersisa.

Baluri Cuka Dan Jeruk Nipis

Setelah delapan tahap sudah Anda selesaikan, lanjut ke tahap selanjutnya. Taruhlah ikan ke dalam wadah yang sudah dicuci bersih. Kemudian, balurkan ikan dengan perasan jeruk nipis ataupun cuka. Hal tersebut berfungsi untuk memastikan kembali bahwa ikan tidak akan berbau amis ketika dimakan. Lalu, diamkan kembali ikan selama kurang lebih 5 menit. Setelah itu, bilas kembali ikan dengan air mengalir.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler