fbpx
Connect with us

Sosial

Gelar Sholat Ied Berjamaah, Begini Persiapan Masjid Al Ikhlas

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kamis (13/05/2021) besok pagi umat muslim akan menyelenggarakan sholat Hari Raya Idul Fitri. Berbeda dengan tahun lalu dimama sholat hari raya diutamakan di rumah karena pandemi covid19, pemerintah sudah mulai membuat kelonggaran. Adapun kelonggaran sendiri berupa izin pelaksanaan sholat Ied di lokasi yang bukan merupakan zona merah ataupun orange.

Salah satu lokasi yang nantinya akan menggelar sholat ied di lapangan secara berjamaah yakni Masid Agung Al Ikhlas Wonosari. Takmir Masjid Al Ikhlas, Andar Jumailan mengatakan, tetap memprioritaskan warga sekitar masjid dalam pelaksanaan sholat.

Adapun skrining jamaah sendiri akan ia lakukan. Ia sudah melalukan pemdataan jamaah di wilayah Padukuhan Kepek II. Kemudian, untuk pelaksanaan ibadah sendiri pengaturannya sama seperti tahun lalu dimana kapasitas akan dibatasi.

“Terutama soal jaga jarak, kami juga akan disiplin saat sholat,” ujar Andar.

Adapun akses keluar masuk juga hanya satu pintu. Petugas akan melakukan pengecekan suhu dan menyediakan tempat mencuci tangan.

“Jamaah yang datang juga wajib bermasker dan membawa perlengkapan ibadah sendiri,” jelasnya.

Ia optimis, jamaah akan lebih disiplin soal protokol kesehatan. Hal ini berkaca pada pelaksanaan tahun lalu.

“Intinya saat ini masyarakat sudah lebih paham berkaitan dengan protokol kesehatan,” kata Andar.

Terpisah, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Gunungkidul Arif Gunadi telah meminta takmir masjid melakukan pendataan warga yang melakukan Sholat Id. Ia juga meminta takmir menhawasi para jamaah saat beribadah di masjid.

“Kami juga berkoordinasi dengan gugus tugas di kapanewon untuk pendataan, kami data sudah ada 1.230 titik pelaksanaan sholat id, dari mushola, masjid dan lapangan,” jelasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler