fbpx
Connect with us

Sosial

Gelombang Tinggi Diperkirakan Kembali Landa Pantai Selatan Gunungkidul

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Gelombang pasang diperkirakan akan kembali melanda Pantai Selatan Gunungkidul. Berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gelombang pasang akan terjadi Sabtu (18/07/2020) besok.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menyampaikan pihaknya mendapat informasi dari BMKG terkait gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di pantai selatan Gunungkidul ini. Menurutnya, ketinggian gelombang diprediksi akan mulai menunjukkan peningkatan pada malam ini. Ketinggian gelombang laut diperkirakan akan mencapai sekitar 5 meter.

“Puncak ketinggian gelombang laut selatan diperkirakan akan terjadi pada Sabtu esok. Pada puncaknya, diprediksi ketinggian gelombang bisa mencapai 6 meter,” jelas Marjono, Jumat (17/07/2020).

Lebih lanjut Marjono menambahkan, untuk ketinggian gelombang 6 meter tersebut terjadi saat berada di tengah lautan. Namun saat mendekati pesisir, arusnya akan terus berkurang.

Berita Lainnya  Tak Lagi Miliki Sumber Air, Kecamatan Yang Ajukan Dropping Air Bertambah Tiga

“Namun begitu, saat mencapai tepi pantai, diperkirakan ketinggian arusnya masih mencapai sekitar 5,5 meter,” jelasnya.

Adanya peningkaan air laut ini sendiri telah disebar melalui media sosial resmi Tim SAR. Diharapkan dengan peringatan yang ada ini, para wisatawan yang mulai memadati kawasan pantai selatan tetap berhati-hati saat berwiata.

“Harapannya gelombang tinggi ini terjadi tidak bersamaan dengan pasang air laut. Sebab potensi dampak kerusakannya bisa lebih besar,” jelas Marjono.

Terpisah, Ketua Kelompok Nelayan di Pantai Baron, Sumardi memaparkan, pihaknya sudah mendapatkan informasi perihal akan datangnya gelombang tinggi. Antisipasi sendiri telah dilakukan untuk meminimalisir potensi kerugian yang bisa dialami nelayan. Diantaranya adalah dengan menaikkan kapal-kapal ke tempat yang lebih aman.

Berita Lainnya  Sempat Digegerkan Kepulan Asap Tebal, Kantor BRI Unit Ponjong Nyaris Terbakar

Ia menambahkan, aktivitas nelayan masih berjalan normal. Sebab ketinggian gelombang laut masih terpantau aman.

“Tapi terus kita amati, mengingat prediksinya gelombang laut meningkat hari ini,” tutup dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler