fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gempa Berkekuatan 5,1 SR Guncang Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Gempa bumi mengguncang wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pada Sabtu (09/08/2019) malam tadi. BMKG merilis kekuatan gempa yang terasa cukup kuat di Gunungkidul tersebut adalah 5,1 SR. Guncangan gempa dinyatakan tidak berpotensi tsunami. Kendati demikian, guncangan yang terasa cukup kuat ini sempat menimbulkan kepanikan dan kekhawatiran dari masyarakat. Terlebih, beberapa waktu terakhir ini memang cukup sering terjadi gempa bumi.

Informasi yang berhasil dihimpun dari BMKG DIY, gempa sendiri terjadi pada pukul 20.26 WIB. Adapun kedalaman pusat gempa yakni 10 Km dan berada sekitar 105 km Barat Daya Kabupaten Bantul atau sekitar 108 di Barat Daya Kabupaten Gunungkidul. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh petugas, untuk gempa sendiri berkedalaman dangkal disebabkab adanya aktivitas Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempeng Eurasi, sehingga menghasilkan gempa bumi.

Berita Lainnya  Diduga Tersambar Api Pembakaran Daun, Motor Kharisma Terbakar Saat Ditinggal Berladang

Dampak dari gempa bumi sendiri, dirasakan di seluruh kawasan DIY, Jawa Tengah bahkan hingga perbatasan di Jawa Timur. Meski dirasakan cukup kencang namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan yang terjadi.

“Belum ada laporan kerusakan. Untuk gempa sendiri tidak berpotensi tsunami. Sampai sekarang juga tidak ada gempa susulan yang dirasakan oleh masyarakat,” terang Humas Basarnas DIY, Pipit Eriyanto.

Adapun dari masing-masing satuan sendiri juga diminta untuk melakukan pantauan di kalangan masyarakat. Selain itu, untuk masyarakat sendiri dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Sementara itu, Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Pantai Baron, Surisdiyanto mengatakan meski guncangan gempa dirasakan cukup kuat oleh masyarakat, pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap tenang. Suris juga menggarisbawahi rilis resmi BMKG yang menyatakan gempa pada malam Idul Adha ini tidak berpotensi tsunami. Berdasarkan pantauan di pantai dan laporan sejumlah anggotanya, kawasan pantai selatan masih tergolong aman.

Berita Lainnya  Tak Temukan Keganjilan, Polisi Tunggu Hasil Pemeriksaan Dokter Untuk Pastikan Penyebab Kematian Parsi

“Aman-aman saja kok. Ndak perlu khawatir,” terang dia.

Petugas SAR sendiri melakukan pantauan di Pantai Baron layaknya biasanya dan standby di kawasan tersebut. Segala update mengenai kondisi terus dikoordinasikan dengan pimpinan maupun dishare kepada masyarakat.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler