fbpx
Connect with us

Peristiwa

Sempat Terlempar Dari Bak Truk, 18 Orang Jadi Korban Kecelakaan Truk Naas di Ponjong

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Usai dilakukan pendataan, dipastikan bahwa kasus kecelakaan lalu lintas di Tanjakan Mendak, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong meminta korban sebanyak 18 orang. Meski terselamatkan, namun sebagian besar korban mengalami luka. Luka yang diderita cukup variatif mulai dari memar, retak pada tulang hingga patah tulang. Diketahui pula, para korban merupakan rombongan warga Desa Kenteng, Kecamatan Ponjong.

Adapun identitas para korban yakni, Siyem (67) warga Padukuhan Prampelan; Sutiyem (50) warga Padukuhan Kenteng; Kanti (74) warga Padukuhan Kenteng; Waginem (60) warga Padukuhan Kenteng; Karinem (60) warga Padukuhan Prampelan; Karino (65) warga Padukuhan Prampelan; Sarti (60) warga Padukuhan Kenteng; Sadiyem (46) warga Padukuhan Kenteng; Watinem (52) warga Padukuhan Kenteng; Sulastri (36) warga Padukuhan Prampelan II; Mijan (55) warga Padukuhan Prampelan II; Ngatemi (39) warga Padukuhan Kenteng; Samin (60) warga Padukuhan Prampelan; Saikem (70) warga Padukuhan Prampelan II; Kartiyem (50) warga Padukuhan Kenteng; Jinem (65) warga Prampelan I; Sipon (60) warga Prampelan, dan Wasiyem (30) warga Prampelan.

Kanit Laka Lantas Polres Gunungkidul, Iptu Soni Yuniawan mengatakan, kebanyakan warga yang menjadi korban kecelakaan tunggal tersebut merupakan lansia. Selain itu, sejumlah korban diketahui mengalami luka cukup serius. Sebagian dari mereka memang sempat terlempar dari bak truk yang terguling pasca tak kuat menanjak ini.

Berita Lainnya  Batu Raksasa Diameter 5 Meter Merosot di Giripurwo Ancam Rumah Warga

“Ada yang mengalami luka memar bengkak di tangan, kaki dan mata mereka. Sebagian dirawat di Puskesmas Ponjong. Sementara untuk korban atas Karino mengalami luka retak tangan kiri dirawat di Pantirahayu, Kelor, Karangmojo, sedangkan Sarti patah tulang pinggul saat ini dirawat di RS Pantirapih Yogyakarta,” beber Soni.

Soni menjelaskan, dalam kecelakaan tesebut memang melibatkan sekitar 27 penumpang. Kendati demikian, sebagian dari penumpang ini tidak disebutkan karena mereka tidak mengalami luka.

“Ada 9 orang penumpang yang tidak mengalami luka dan mereka sudah pulang ke rumah,” terang dia.

Sementara itu, Panit Lantas Polsek Ponjong, Iptu Edy Ganefiono menambahkan, kecelakaan lalu lintas di jalur tersebut baru pertama kali terjadi. Namun demikian, untuk kecelakaan yang terjadi pada Jumat pagi tadi dialami oleh para rombongan warga Kenteng yang biasa melakukan aktifitas jual beli di Pasar Ponjong.

Berita Lainnya  Tabrakan Maut Dua Motor di Ngawen, 1 Tewas 1 Luka Berat

“Jadi campur, (korban) ada yang pedagang ada yang pembeli. Mereka memang biasa menggunakan angkutan itu untuk ke pasar,” terang Edy.

Kendati demikian, pihaknya telah kerap kali melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menghindari penggunaan angkutan barang untuk digunakan mengangkut manusia. Dengan adanya peristiwa tersebut diharapkan masyarakat akan lebih sadar keselamatan mereka.

“Sosialisasi terus kita lakukan, selama ini sebatas himbauan dan teguran,” kata Edy.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sebuah truk sarat penumpang mengalami kecelakaan tunggal di tanjakan Mendak, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong pada Jumat (09/08/2019) pagi tadi. Truk yang mengangkut puluhan pedagang itu terguling saat tiba-tiba mesin truk tak kuat menanjak. Truk dengan nomor polisi AB 9148 ED yang dikemudikan oleh Parsi (55) warga Mendak RT 02 RW 02, Desa Sumbergiri, Kecamatan Ponjong tersebut mengangkut para pedagang maupun pembeli dari Desa Kenteng seusai beraktifitas di Pasar Ponjong. Diduga, insiden ini dipicu oleh pengemudi truk yang terlambat mengoper gigi sehingga kemudian truk berjalan mundur hingga akhirnya terguling.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler