fbpx
Connect with us

Peristiwa

Peringatan untuk Kendaraan Bak Terbuka, Polisi Bakal Tindak Tegas Sopir yang Nekat Angkut Penumpang

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Satuan Lalu Lintas Polres Gunungkidul akan meningkatkan frekuensi penindakan pelanggaran angkutan bak terbuka yang masih nekat digunakan untuk mengangkut orang. Hal tersebut dilakukan, lantaran selama ini masih kerap dijumpai adanya angkutan bandel beroperasi di wilayah Gunungkidul. Selain itu, upaya ini juga untuk mengurangi adanya kecelakaan menyebabkan korban luka-luka.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Anang menjelaskan, sebenarnya selama ini petugas kepolisian terus aktif mengelar razia. Namun, masih kerap pula dijumpai kendaraan nakanl mengangkut orang dengan kapasitas melebihi muatan.

“Selama ini sudah pagi, siang, sore kita gelar razia. Tetapi kedepan frekuensinya akan kita tingkatkan lagi,” jelas Anang, Minggu(11/08/2019).

Ia menjelaskan, dalam razia sendiri pihaknya akan menerapkan sistem tilang. Hal itu dilakukan untuk memberikan efek jera pada pengemudi.

Berita Lainnya  Terpeleset dan Terjatuh Dari Pohon, Kegiatan Cari Pakan Ternak Mbah Judi Berujung Maut

“Sesuai undang-undang 22  tahun 2009, apapun alasannya kendaraan bak terbuka tidak diperbolehkan mengangkut orang. Karena jika terjadi kecelakaan lalu lintas tingkat fatalitas korban cukup tinggi,” terang dia.

Lebih lanjut dikatakan, operasi akan dilakukan di seluruh wilayah di Gunungkidul. Namun untuk saat ini pihaknya memfokuskan di titik dimana kerap terjadi kecelakaan dan kerap dijumpainya kendaraan bak terbuka mengangkut orang.

“Kita fokuskan di jalan-jalan yang naik turun, arah menuju pasar. Karena memang selama ini disitu banyak kendaraan bak terbuka mengangkut orang,” tandasnya.

Ia menjelaskan, dilema yang ada saat ini adalah nekatnya masyarakat menggunakan bak terbuka lantaran masih minimnya angkutan umum di pedesaan. Namun demikian, hal itu tidak menyurutkan petugas dalam melakukan penindakan.

Berita Lainnya  Hujan Pada Puncak Musim Kemarau, Begini Penjelasan BMKG

“Kita akan koordinasi dengan pemerintah terkait dengan pengadaan kendaraan umum. Karena itu kewenangan pemerintah, bukan di kepolisian,” jelas dia.

Sebagai informasi, kecelakaan lalu lintas di Gunungkidul yang melibatkan kendaraan bak terbuka sangat kerap terjadi. Beberapa waktu lalu, kecelakaan maut menewaskan sejumlah orang terjadi di wilayah Ngawen. Saat itu, rombongan petani yang mencari rumput menjadi korban saat mereka hendak pulang ke Nglipar.

Belum lama ini, belasan orang mengalami luka usai terlibat kecelakaan di wilayah Sumbergiri, Ponjong saat truk yang mereka tumpangi terguling.

 

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler