fbpx
Connect with us

Peristiwa

Gempa M 5,7 Pacitan Terasa Hingga Gunungkidul

Diterbitkan

pada

BDG

Semanu,(pidjar.com)– Gempa magnitido 5.7 mengguncang Gunungkidul pada Minggu (23/07/2023) membuat masyarakat panik. Tak sedikit dari warga yang kemudian berhamburan keluar saat gempa bumi, selain itu kentongan juga banyak dibunyikan oleh warga.

Informasi yang berhasil dihimpun dari akun resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa tersebut terjadi di titik 8.94 LS, 111.04 BT tepatnya 84 km Barat Daya Pacitan Jawa Timut dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami.

“Info Gempa Mag:6.0, 08-Jun-23 00:04:55 WIB,”tulis di BMKG di akun twitter mereka.

Salah seorang warga Kapanewon Semanu, Yudha mengatakan, goncangan gempa lumayan kuat dirasakan. Dirinya yang berada di dalam rumah kemudian keluar setelab merasakan goncangan 2 kali. Beberapa tetangganya yang merasakan gempa pun juga keluar rumah. Ada pula warga yang membunyikan kentongan.

Berita Lainnya  Tabrakan di Tanjakan Slumprit, Dua Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

“Terasa lumayan kenceng, tapi lebih kenceng yang terjadi beberapa pekan lalu,” papar Yudha.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kismaya warga Kalurahan Pampang, Kapanewon Paliyan. Saat itu dirinya tengah bersantai bersama keluarga. Tiba-tiba terasa goncangan, ia bersama keluarganya pun lantas lari keluar.

“Terasa dua kali, jeda sekitar 2 detik tadi,” kata Kismaya.

“Untuk sementara masih banyak yang di luar rumah karena takut terjadi gempa susulan,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Sumadi mengatakan pihaknya saat ini masih berkoordinasi dengan TRC untuk memastikan ada tidaknya dampak dari gempa bumi yang terjadi pada malam ini.

“TRC siap menerima laporan dan akan menindaklanjuti sekiranya perlu segera ditangani,” ujar Sumadi.

Berita Lainnya  Belok Sembarangan Picu Tabrakan, Satu Orang Luka Serius

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler