fbpx
Connect with us

Sosial

Gerhana Matahari Cincin Terlihat di Gunungkidul, Umat Muslim Diminta Lakukan Sholat Gerhana

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Hari ini, Kamis (26/12/2019) wilayah Indonesia diperkirakan akan mengalami gerhana matahari cincin. Pun demikian dengan wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, termasuk Gunungkidul. Gerhana matahari cincin sendiri bisa dilihat oleh masyarakat Gunungkidul.

Kepala Stasiun Klimatologi (Staklim) BMKG Yogyakarta, Reni Kraningtyas mengatakan, gerhana matahari cincin akan terlihat paling jelas di Kota Padang Sidempuan, Tanjung Pinang dan Singkawang. Sementara gerhana matahari sebagian akan terlihat pada 13 kota di Indonesia.

“Salah satunya adalah Yogyakarta di mana gerhana sebagian dimulai pukul 10:56:07 WIB,” ucap Reni, saat dikonfirmasi pidjar.com, Kamis pagi.

Lebih lanjut ia mengatakan, tengah gerhana sebagian pada pukul 12:47:50 WIB. Sedangkan gerhana matahari sebagian berakhir pada pukul 14:29:00 WIB.

Berita Lainnya  Arus Mudik 2019, Volume Kendaraan Masuk Gunungkidul Diprediksi Meningkat Hingga 10 Persen dari Hari Biasa

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gunungkidul, Aidi Johansyah mengimbau umat muslim di Gunungkidu melakukan sholat gerhana matahari. Imbauan ini menyusul gerhana matahari yang akan terkihat di wilayah DIY pada Kamis siang ini.

“Kami sudah mengimbau kepada masing-masing KUA agar masyarakat muslim menggelar sholat gerhana matahari secara berjamaah dan berkhutbah sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW dalam pelaksanaan sholatnya,” beber Aidi.

Di samping itu, saat melakukan sholat gerhana, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk bertakbir, memperbanyak zikir dan amal kebaikan lainnya. Sementara sholat sendiri menurutnya dapat dilakukan saat awal gerhana matahari sebagian dimulai, tengah maupun menjelang akhir.

“Kami berharap masyarakat pada kesempatan ini berdoa untuk keselamatan bangsa dan Negara Indonesia,” tandas Aidi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler