fbpx
Connect with us

Sosial

Gerobak Kecil di Depan Balai Kalurahan Kepek Sediakan Ratusan Nasi Bungkus Gratis

Published

on

Wonosasari,(pidjar.com)–Bagi yang melintas di depan Kalurahan Kepek, Kapanewon Wonosari setiap hari Jumat tentu akan menyaksikan pemandangan yang sedikit berbrda dibanding hari biasa. Iya, ada ratusan bungkus nasi beserta lauk pauk berada di dalam gerobak kecil. Namun nasi tersebut tidak untuk dijual, melainkan memang disediakan secara gratis kepada warga yang ingin menikmatinya.

Lurah Kepek, Bambang Setiawan mengatakan, setiap hari Jumat ada kegiatan Jumat berkah yang diinisiasi oleh Kalurahan Kepek, PKK Kalurahan Kepek, dan Polwan Polres Gunungkidul. Terdapat gerobak kecil yang diletakan di depan pintu masuk Balai Kalurahan, tepat di pinggir jalan.

Gerobak tersebut berisikan nasi bungkus, beberapa jenis makanan lain dan minuman yang memang sengaja disediakan oleh masyarakat dan sejumlah donatur.

“Ada sekitar 300 sampai 350 paket nasi bungkus atau nasi box dan minuman yang tersedia di gerobak Jumat Berkah ini,” kata Bambang, Jumat (19/03/2021).

Kegiatan ini, kata Bambang sudah berlangsung sejak bulan November lalu. Ternyata sangat diminati oleh masyarakat Kalurahan Kepek yang ingin berbagi, begitu pula masyarakat yang terbantu dengan ketersediaan nasi bungkus dan makanan di gerobak tersebut.

“Biasanya jam 08.00 WIB kita sudah sediakan, kemudian jam 12.00 WIB itu sudah habis,” paparnya.

Menurut dia, orang yang mengambil makanan di gerobak gratis tersebut beragam, semuanya dipersilahkan. Ada juga orang yang mengambil kemudian nemberikan sodakoh berupa uang yang ditaruh di dalam gerobak tersebut.

“Semua boleh mengambil. Kalau ada yang tergerak juga boleh ikut berkontribusi setiap hari Jumat, mau makanan, nasi bungkus atau minuman dipersilahkan saja,”jelas dia.

“Kegiatan ini sebagai salah satu kegiatan kampung tangguh nusantara yang akan terus dilakukan. Ini sumberdananya swadaya, umbukan dari warga,” imbuh dia.

Dengan adanya kegiatan ini ia memiliki harapan melatih keperdulian antar sesama, terlebih masyarakat di pusat kota. Kemudian memberikan wadah kepada masyarakat untuk berbagi, karena berbagi dapat dilakukan di mana saja termasuk tempat umum.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler