fbpx
Connect with us

Pariwisata

Gunung Api Purba Tutup Saat Malam Natal dan Pergantian Tahun

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Destinasi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran dan Embung Nglanggeran, Kapanewon Patuk ditutup saat malam natal dan malam pergantian tahun baru. Pengelola menerapkan kebijakan tersebut  sebagai upaya kepatuhan mengikuti SOP (Standard Operating Procedure) protokol kesehatan.

Bidang Pemasaran Pokdarwis Gunung Api Purba Nglanggeran Heru Purwanto mengatakan, selain Gunung Api Purba dan Embung Nglanggeran, dua destinasi wisata di kawasan Patuk yakni Kedung Kandang dan Kampung Pitu juga ditutup saat malam natal dan malam pergantian tahun. Kendati demikian, hal itu hanya pada malam hari saja. Wisatawan tetap diperbolehkan datang mulai pagi hingga sore hari.

Adapun aturan yang telah disepakati selama uji coba operasional, di hari Senin sampai dengan Jumat destinasi akan dibuka mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB. pada hari Sabtu dan Minggu diperbolehkan beroperasi selama 24 jam. Namun karena malam Natal dan malam Tahun Baru ada di hari Kamis maka tetap tutup.

“Hanya malam saja (yang ditutup), siang sampai sore boleh dikunjungi,” kata Heru, Kamis (24/12/2020).

Ia menambahkan, melihat kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Gunungkidul yang masih tinggi ini, pihaknya juga membatalkan uji coba pembukaan homestay pada akhir tahun 2020 ini. Pihaknya masih akan menunggu informasi lanjutan dari gugus tugas penanggulangan dan pencegahan covid-19.

“Rencana sebelumnya pembukaan dilakukan akhir tahun, tapi saat ini belum bisa kita lakukan,” kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono membenarkan hal tersebut. Namun wisatawan tetap bisa bermalam di kawasan pantai. Dengan catatan, tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Boleh menginap di kawasan pantai tetapi tetap jaga protokol kesehatan, jangan berkerumun, tidak boleh menyalakan kembang api, dan tetap menggunakan masker,” kata Harry.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler