fbpx
Connect with us

Pariwisata

Sejarah Penamaan Pantai Pulang Sawal, Pantai Selatan yang Menjadi Idola Wisatawan

Published

on

Tepus,(pidjar.com)–Gunungkidul memiliki bentang garis pantai sepanjang 72 km. Banyak pantai-pantai yang memiliki nama besar dan menjadi idola wisatawan untuk dikunjungi. Dibalik nama-nama pantai besar dan kecil di Gunungkidul ternyata memiliki sejarah tersendiri. Seperti halnya pantai Pulang Sawal atau yang lebih dikenal dengan Pantai Indrayanti.

Kali ini pidjar.com akan sedikit mengulas sejarah tentang pantai Pulang Sawal atau pantai Indrayanti. Dimana sejak beberapa tahun lalu pantai ini sangat diminati oleh wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman dan keluarga.

Ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pantai Pulang Sawal, Suyono mengatakan, penamaan pantai yang berada di sebelah timur pantai Sundak ini berawal dari cerita masyarakat Kapanewon Tepus yang sebagian dari mereka merantau. Kemudian setiap hari Raya Idul Fitri para perantau ini pulang ke kampung halaman. Kemudian di bulan syawal tepat di tanggal 1 syawal biasanya para perantau ini mengajak keluarganya ke pantai yang terletak di Kalurahan Sidoharjo, Kapanewon Tepus.

“Pantai ini adalah favorit mereka berlibur bersama keluarga. Jadilah nama pulang sawal sebagai nama pantai ini” tutur ketua Pokdarwis, Suyono atau lebih akrab dipanggil pak ete saat ditemui di kedai miliknya.

Masyarakat sekitar mulai mengembangkan pantai ini dengan cara mereka. Pantai Pulang Sawal kemudian mulai dikenal oleh masyarakat sekitar, pemerintah juga melakukan promosi mengenai pantai tersebut. Kemudian keasrian pantai pasir putih ini dilirik oleh salah seorang investor.

Investor tersebut kemudian mendirikan sebuah bangunan resto di pinggir pantai. Resto tersebut diberi nama Indrayanti yang ternyata semakin menambah besar nama pantai Pulang Sawal. Dari situ, kerjasama dijalin oleh pemilik resto dengan pokdarwis.

“Ada kesepakatan untuk memberikan rasa nyaman dan aman yang lebih. Kita kembangkan pantai ini menjadi pantai yang kebersihannya benar-benar terjaga,” kata dia.

Keindahan pantai pasir putih yang diimbangi dengan kebersihan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Belum lagi, suasana yang silir di kawasan ini semakin menjadi magnet tersendiri. Berdirinya resto ini juga menjadi sebuah awal kebangkitan pantai Pulang Sawal.

“Nama Indrayanti kemudian lebih dikenal oleh para wisatawan. Sehingga banyak yang menyebut pantai Pulang Sawal dengan Pantai Indrayanti,” imbuhnya.

Nama besar yang dikenal adalah pantai Indrayanti. Tak sedikit dari wisatawan yang justru bingung pada papan penunjuk jalan yang tidak mencantumkan pantai Indrayanti.

“Kami tidak masalah pantai ini dikenal dengan nama apa” ungkap Suyono.

Kunjungan wisatawan setiap harinya terus meningkat. Masyarakat dan pihak lain kemudian turut mengembangkan pantai ini menjadi sebuah destinasi yang memiliki ciri khas tersendiri. Rerata, selain pantai Baron, Kukup, Krakal dan lainnya, Pantai Pulang Sawal atau Indrayanti ini mendominasi kunjungan wisatawan di pesisir selatan. Fasilitas di pantai Pulang Sawal juga sudah cukup lengkap.

Ada beragam aktivitas kepariwisataan yang bisa di kunjungi. Bagi yang ingin bermalam di tepi sekitar pantai, di kawasan ini juga banyak penginapan yang didirikan oleh masyarakat ataupun para pihak lain.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler