fbpx
Connect with us

Pariwisata

UNWTO Ajak Pegiat Media Internasional Promosikan Desa Wisata Nglanggeran

Diterbitkan

pada

BDG

Patuk,(pidjar.com)– Desa Wisata Nglanggeran merupakan salah satu desa wisata yang perkembangannya cukup pesat dan mencatatkan prestasi yang membanggakan. Desa wisata paling berkembang di Gunungkidul ini telah menyabet berbagai penghargaan, bahkan di tahun 2021 lalu berhasil mendapat penghargaan Best Tourism Villages 2021 oleh United Nation World Tourism Organization (UNWTO) atau Organisasi Pariwisata Dunia PBB.

Dengan penghargaan bergensi tersebut tentu menjadi salah satu nilai plus untuk Nglanggeran agar semakin di kenal oleh wisatawan nasional bahkan internasional. Selain itu juga menjadi kebanggaan masyarakat Gunungkidul, untuk bisa menyejahterakan masyarakat dan bisa menginspirasi desa wisata desa wisata yang lain.

Penggerak Desa Wisata Nglanggeran, Sugeng Handoko mengatakan, kegiatan yang dilakukan dalam kunjungan UNWTO tersebut yaitu mengajak media asing meliput dan memperkenalkan pengembangan Desa Wisata Nglanggeran. Sejak 3 hari terakhir, UNWTO bersama dengan media internasional singgah di Desa Wisata Nglanggeran untuk mengamati bagaimana kehidupan masyarakat sekitar Nglanggeran, pemberdayaan dari desa wisata, dan mengeksplore seluruh kegiatan dan tempat-tempat di kawasan tersebut.

Berita Lainnya  Tak Punya Akses Jalan, Pantai Anyar Penuh Pesona Ini Tetap Diburu Wisatawan

“Ini juga ada hubungannya dengan capaian di tahun 2021 sebagai best tourism village versi UNWTO. Mereka mengamati bagaimana aktivitas keseharian dan kegiatan wisatawa di desa Nglanggeran,” ujar Sugeng, Jumat (15/12/2023).

Sugeng menambahkan, kegiatan diselenggarakan dengan diskusi dengan penggerak Desa Wisata Nglanggeran, Pemerintah Kalurahan Nglanggeran dan Pemkab Gunungkidul. Para pegiat media juga diajak menikmati paket wisata yang ada di Desa Wisata Nglanggeran.

“Sekaligus melakukan diskusi dengan kelompok masyarakat yang ada di Nglanggeran, ini sebagai suatu hal yang dilakukan di Nglanggeran,” terangnya.

Dalam kegiatan ini digarapkan meningkatkan promosi Desa Wisata Nglanggeran di kanca internasional. Terlebih kegiatan ini difasilitasi oleh UNWTO. Bupati Gunungkidul, Sunaryanta saat itu juga menerima partisipan Press Trip UNWTO.

Berita Lainnya  Long Weekend Paskah, Dispar Prediksi 20ribu Wisatawan Datang ke Gunungkidul

Beberapa tokoh di organisasi ini seperti Maulita Sari Hani selaku Senior Project Specialist dari UNWTO Tourism for Rural Development Programme, Tiara Kusuma selaku Koresponden dari TTG Asia, Bonnie Culbertson selaku Travel Writer dari Destin Asian, John Martin Elao selaku Travel Correspondent dari The Philippine Star, Dong Sun-hwa selaku Travel Writer dari The Korea Times, Kathryn Wortley selaku Editor dari South China Morning Post pun ikut di kegiatan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Windu Wardhana mengatakan, sejak Rabu kemarin media asing bersama dengan sejumlah tokoh daru UNWTO berada di Desa Wisata Nglanggeran. Dengan beberapa wawancara dan kegiatan yang dilakukan oleh media asing ini ia berharap ke depan pengembangan potensi desa wisata di Nglanggeran semakin terkemuka di kancah internasional.

Sehingga akan lebih memajukan dunia pariwisata. Semakin banyak desa wisata yang berkembang dan dikelola secara profesional, maka nantinya akan menambah khasanah pariwisata Gunungkidul. Akan semakin banyak pilihan wisatawan dalam berlibur ke Gunungkidul.

Berita Lainnya  Diresmikan Bupati, Pantai Sepanjang Kini Miliki Kolam Renang dan Home Stay

“Iya ada kegiatan di Nglanggeran untuk eksplore desa wisata dan mengamati bagaimana aktivitas kepariwisataan disana,” ucap Windu.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler