fbpx
Connect with us

Pariwisata

Gunungkidul Geopark Night Specta #5, NdarBoy dan Woro Widowati Bakal Manggung di Nglanggeran

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Dalam peringatan penobatan Gunung Sewu Unesco Global Geopark, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul bekerjasama dengan lintas sektoral akan menyelenggarakan Geopark Night Specta #5 di Panggung Terbuka Nglanggeran, Kapanewon Patuk. Gelaran pada 17 Juni 2023, sejumlah artis papan atas yang lagu dan suaranya digandrungi kalangan milenial akan dihadirkan untuk memeriahkan event ini.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan kepada pidjar.com mengatakan, Gunungkidul merupakan bagian dari kawasan Gunung Sewu masuk dalam Global Geopark Network (GGN) yang diresmikan oleh UNESCO sejak 21 September 2015 silam. Di Gunungkidul sendiri, peringatan tersebut telah menjadi agenda tahunan yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya.

“Pada tahun 2023 ini diperingati satu dasawarsa penobatan Gunung Sewu Unesco Global Geopark maka diadakan panggung hiburan untuk masyarakat,” ujar Harry Sukmono, Minggu (11/06/2023).

Berita Lainnya  Sejumlah Daerah Mulai Wajibkan Rapid Antigen Untuk Wisatawan, Ini Kebijakan Pemkab Gunungkidul

Dijelaskan Gunung Sewu Unesco Global Geopark terbentang dari Kabupaten Gunungkidul (DIY), Wonogiri (Jawa Tengah), dan Pacitan (Jawa Timur) yang di dalamnya memiliki 33 Geosite, dan untuk Kabupaten Gunungkidul sendiri memiliki 13 geosite salah satunya Gunung Api Purba Nglanggeran. Dalam acara tersebut nantinya tidak hanya berkaitan dengan pariwisata dan kesenian saja, namun juga akan dijanjikan sejumlah kejutan. Dengan demikian, selain euforia peringatan yang berupa hiburan dan seminar pemasaran wisata, akan ada pula edukasi yang bisa dipetik dengan adanya helatan ini.

“Acara berlangsung dari pukul 10.00-22.00 WIB dimana akan ada Seminar geopark, Pameran UMKM, Mini Stage yang terdiri dari (Tarian Tradisional, Tarian Modern, Musik Akustik Gongclass), penyerahan hadiah lomba poster Event,” ucap dia.

Berita Lainnya  Dua Hari Libur Natal, Obyek Wisata di Gunungkidul Terpantau Sepi

“Rencananya kegiatan ini akan dihadiri oleh Kemenparekraf, Bupati Gunungkidul dan Forkopimda, Paniradya Pati DIY, Dinas Pariwisata se-DIY, Jaringan Geopark Indonesia,” imbuh Harry.

Harry menambahkan, beberapa penyanyi ternama juga akan memeriahkan Gunungkidul Geopark Night Specta #5 seperti Woro Widowati, Ndar Boy dan Doni Saputro. Para guest star ini dijadwalkan akan tampil mulai pukul 20.00 WIB. Panggung hiburan ini terbuka untuk umum dan tidak ada tiket masuk untuk pertunjukan. Penonton hanya dibebankan retribusi masuk kawasan wisata saja.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, pada akhir Juli nanti akan dilakukan revalidasi tahap II oleh UNESCO sehingga event ini juga sebagai dukungan dalam rangka persiapan revalidasi. Berbagai persiapan juga telah dilakukan oleh Pemkab Gunungkidul dengan 2 kabupaten lainnya dalam menyambut revalidasi ini.

Berita Lainnya  Sanglen yang Dulu Bukanlah yang Sekarang

“Semoga pada revalidasi II ini masih menyandang sebagai Gunungsewu UNESCO Global Geopark dan melalui event ini diharapkan jumlah kunjungan wisatawan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Gunungkidul akan terus meningkat. Selain itu kalangan milenials dapat mengapresiasi seni pertunjukan yang dikemas di destinasi wisata,” pungkas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler