fbpx
Connect with us

Pariwisata

Kunjungi Gunungkidul, Sandiaga Uno Dorong Wisata Berkonsep Seni Pertunjukan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno kembali berkunjung ke Gunungkidul, Minggu (04/06/2023). Kunjungan ketiganya ke bumi handayani itu untuk menghadiri Workshop Kata Kreatif Kabupaten Gunungkidul yang bertempat di Taman Budaya Gunungkidul.

Ia mengatakan jika Kabupaten Gununkidul merupakan daerah yang spesial baginya. Dari puluhan Kabupaten/Kota yang ia kunjungi, Gunungkidul menyimpan potensi yang bernilai internasional. Disebutnya Desa Wisata Nglanggeran menjadi landmark yang membuatnya selalu ingat Gunungkidul, karena pada 2021 silam Desa Wisata Nglanggeran berhasil memenangkan desa wisata terbaik dunia.

“Tentu ini harus ditopang oleh ekonomi kreatifnya dan informasinya sudah ada uji petik di Kementerian terkait Desa Wisata Nglanggeran,” ucap Sandiaga Uno.

Berita Lainnya  Menikmati Pesona Pantai Dadap Ayam Serasa Pantai Pribadi

Dijelaskannya, uji petik merupakan salah satu dari lima belas program yang dijalankan oleh Badan Ekonomi Kreatif untuk menentukan subsektor jenis ekonomi kreatif yang bisa dikembangkan dalam suatu wilayah. Desa Wisata Nglanggeran disebut masuk dalam subsektor seni pertunjukan. Maka dari itu, menururtnya dengan dipilihnya seni pertunjukan sebagai subsektor yang bisa dikembangkan di Desa Wisata Nglanggeran maka juga harus ditopang dengan sektor lainnya seperti kuliner.

“Analisisnya karena setelah menonton seni pertunjukan maka harus beli kuliner. Ini akan kita ubah yang tadinya rombongan hanya lihat-lihat saja menjadi rombongan jadi beli produk-produk kreatif di Gunungkidul,” terang Sandi.

Menurutnya, di Gunungkidul banyak sekali seni pertunjukan yang bisa digelar. Ia mencontohkan seperti jathilan, reog, doger, selain itu berbagai jenis kuliner di Gunungkidul menurutnya juga cukup untuk menopang hal tersebut.

Berita Lainnya  Hotel Grand Senyum Yogyakarta Resmikan Tempat Kencan, Rooftop Bar dengan Modern Tropical

“Gunungkidul ini terkenalnya kan belalang ya, padahal masih banyak misalnya coklat nglanggeran, tempe, ingkung kaleng, sampai sego liwet,” imbuh Sandi.

“Semangat ini harus kita manfaatkan dan kalau kita lihat lokusnya ini adalah desa wisata. Terlebih Gunungkidul masuk disalah satu dari 10 global geopark di Indonesia, ini bisa menjadi destinasi wisata yang luar biasa dan tentu fasilitasnya harus terus dibangun,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler