fbpx
Connect with us

event

Gunungkidul Geopark Night Specta #6, Sejumlah Artis Berkaliber Nasional Akan Manggung di Nglanggeran 

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Dinas Pariwisata Gunungkidul kembali menggelar 28 hingga 29 Juni mendatang akan menggelar Gunungkidul Geopark Night Specta Volume 6. Kegiatan tahunan ini akan digelar di Amphitheater Nglamggeran Patuk Gunungkidul.

Sub koordinator promosi wisata, Sofyan Dwi Aryanto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata yang ada di Gunungkidul. Selain itu juga dalam peringatan penobatan Gunung Sewu Unesco Global Geopark.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Gunungkidul,” kata Sofyan, Jumat (7/6/2024).

Ia mengatakan, anggaran kegiatan ini berasal dari Dana Keistimewaan urusan tata ruang 2024. Event ini diawali dengan lomba poster tingkat SMP dan SMA/SMK se-DIY. Hal ini dimaksudkan untuk mengasah kreatifitas pelajar di Gunungkidul.

“Selanjutnya akan dibuka dengan senam universal line dance, bazar UMKM, ngobrol bareng geopark dengan generasi muda, konser gamelan orkestra,” imbuh dia.

Adapun artis ternama seperti Denny Caknan, Oky Kumala, Ngatmombilung juga akan turut memeriahkan kegiatan ini. Dengan performa bintang nasional ini diharapkan menjadi sebuah hiburan yang mengesankan dan mempromisikan wisata Gunungkidul lebih luas kembali.

Berita Lainnya  PSGGC Jogja Gelar Seminar Nasional Gifted Hybrid

“Di Gunungkidul sendiri, peringatan tersebut telah menjadi agenda tahunan yang selalu dilaksanakan setiap tahunnya,” jelasnya.

Sebagai informasi Gunungkidul merupakan bagian dari kawasan Gunung Sewu masuk dalam Global Geopark Network (GGN) yang diresmikan oleh UNESCO sejak 21 September 2015 silam. Kawasan karst Gunung Sewu merupakan kawasan paling istimewa di Jawa. Kawasan tersebut berbentuk conical hills, terdiri dari sekitar 40.000 bukit karst.

Panjang kawasan ini mencapai 85 kilometer dengan luasan endapan gampingnya mencapai 1.300 kilometer persegi. Membentang dari Kabupaten Gunungkidul, Kabupaten Wonogiri, dan Kabupaten Pacitan dengan total 33 situs (site). Kabupaten Gunungkidul memiliki 13 situs termasuk di dalamnya adalah Gunung Api Purba Nglanggeran.

 

Berita Lainnya  Study Theater Club dan Indonesia Berdaya Budaya Gelar Mini Pentas Mendongeng Fable

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler