fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Habiskan 800 Juta, DP3AKBPMD Sebar Puluhan Sepeda Motor Anyar Untuk Penyuluh KB

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul menyerahkan 38 unit sepeda motor jenis Yamaha Jupiter untuk para penyuluh Keluarga Berencana (KB). Pengadaan kendaraan dinas tersebut menghabiskan anggaran mencapai ratusan juta yang diambilkan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun 2021. Diharapkan dengan kendaraan dinas anyar ini, akan semakin menunjang kinerja para penyuluh KB di Gunungkidul.

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, DP3AKBPMD Gunungkidul, Dwi Iswantini mengatakan, awalnya, pihaknya mengusulkan pengadaan 45 unit kendaraan, sesuai dengan jumlah penyuluh KB yang ada di Gunungkidul. Namun dalam perkembangannya, ada penyuluh yang purna tugas dan meninggal dunia. Setelah dilakukan verifikasi, data yang keluar sebanyak 38 orang dan ditindaklanjuti dengan pengadaan sepeda motor sebagai sarana mobilitas mereka..

“Kita sudah serahkan 38 kendaraan untuk para penyuluh. Anggaran yang digunakan untuk pengadaan sebesar 800 juta lebih dari DAK Fisik 2021,” ucap Dwi Iswantini, Selasa (29/06/2021).

Ia mengungkapkan, dengan kendaraan baru tersebut diharapkan mampu memberikan semangat bagi para penyuluh KB dalam bekerja. Sebab, para penyuluh KB ini memang bekerja mobile dari daerah satu ke daerah lain untuk mendongkrak capaian kepesertaan KB di Gunungkidul, menurunkan Un Met Need, kehamilan yang tidak diinginkan, pendewasaan usia perkawinan dan menurunkan angka kelahiran remaja.

Di sisi lain juga meningkatkan pembinaan dan pendampingan serta sosialisasi 1000 HPK kelompok Bina keluarga Sejahtera untuk menurunkan angka stunting. Maupun peningkatan pembinaan dan pendampingan Kampung KB agar menjadi Kampung berkualitas. Dalam penyerahan ini juga dihadiri oleh Bupati Gunungkidul.

“Ya mudah-mudahan memperlancar kinerja para penyuluh KB,” imbuhnya.

Terpisah, Kepala Bidang Aset, Badan Keuangan dan Aset Daerah, Prihatin Eka Widada menambahkan, pengadaan 38 unit sepeda motor tersebut merupakan pengadaan dari Pemkab Gunungkidul dengan pelaksana kegiatan berada di DP3AKBPMD. Dalam waktu dekat ini, BKAD juga akan melakukan pengadaan sejumlah mobil layanan dan mobil dinas.

“Kita siapkan anggaran 5,1 miliar rupiah untuk pengadaan mobil milik Pemkab Gunungkidul,” ucap Prihatin Eka Widada.

Ia menjelaskan, pengadaan mobil tersebut diantaranya mobil dinas untuk Ketua DPRD Gunungkidul 1 unit saat ini masih menunggu ecatalog dari LKPP. Kemudian mobil untuk Pemadam Kebakaran yang masih dalam proses dokumen.

“Mobil pengangkut alat berat 1 unit dan stom 1 unit sudah proses pengadaan,” jelas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler