fbpx
Connect with us

Pendidikan

Hampir 100 Persen SMP di Gunungkidul Laksanakan UNBK Mandiri

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pelajar kelas IX di tingkat SMP akan segera menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Rencananya, UNBK sendiri akan digelar pada April 2020 mendatang.

Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Kisworo memastikan hampir 100% sekolah siap melaksanakan UNBK secara mandiri. Jika tahun kemarin ada 21 sekolah yang belum mandiri dalam melaksanakan UNBK, tahun ini tinggal enam sekolah saja.

“Sarana dan prasarana sudah siap, ada lima atau enam sekolah yang harus digabung, itupun sekolah swasta,” jelas dia, Jumat (07/02/2020).

Lebih lanjut Kisworo mengatakan, sarana dan prasarana dalam rangka persiapan UNBK sudah terdistribusi hampir seluruh sekolah di Kabupaten Gunungkidul. Secara terperinci sarana prasarana tersebut antara lain komputer dan servernya.

Berita Lainnya  Undang Tenaga Ahli Urusi Server, Dinas Jamin PPDB Online SMP Akan Berlangsung Lancar

“Awal tahun ini ada 1.500 komputer dan servernya, akhir tahun kemarin ada 900 unit,” imbuh Kisworo.

Di samping persiapan yang berkaitan dengan sarana dan prasarana, dikatakan Kisworo, para siswa juga telah secara intens melakukan persiapan pemantapan ujian (PPU) di masing-masing sekolah. Upaya ini dilakukan dalam rangka memudahkan para siswa mengerjakan soal UNBK.

“PPU nya berupa Try Out sebanyak lima kali, tiga kali dari Disdikpora dan dua kalinya dari pihak sekolah,” terang dia.

Ia mengatakan, ada empat mata pelajaran yang disajikan dalam Try Out. Keempat mata pelajaran tersebut antara lain pelajaran IPA, Matematika, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

“Kami menyasar 143 SMP/MTs, 61 negeri, 50 swasta dan 31 MTs,” bebernya.

Terpisah, Kepala SMP Negeri 2 Purwosari, Sigit Purwatmo mengungkapkan siswa-siswinya sudah selesai mendapatkan simulasi try out sebanyak tiga kali dari Disdikpora. Tersisa, sekali lagi Try Out dari pihak sekolah yang akan dilaksanakan pada bulan Maret bersamaan dengan penilaiaan tengah semester. Dengan itu pihaknya sudah mulai siap melaksanakan UNBK pada April mendatang.

Berita Lainnya  Hasil UNBK Diumumkan, SMK N 1 Wonosari Raih Nilai Tertinggi se-DIY

“Untuk sarana dan prasarana UNBK sudah siap, anak-anak juga sudah melaksanakan TO dari dinas, terakhir dari sekolah Maret mendatang,” tandasnya.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler