fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Harapan Pelajar Gunungkidul Bisa Jadi Petani Milenial

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Dalam rangka meningkatkan minat dalam bidang pertanian, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul terus menggandeng sekolah-sekolah untuk membiasakan siswanya menanam. Pada tahun ini, sebanyak lima sekolah berkolaborasi untuk menanam buah-buahan di halamannya.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Luh Gede Suastini, mengatakan program kolaborasi dengan sekolah untuk membiasakan siswa mengenal pertanian sudah berjalan lama. Setiap tahunnya, sebanyak empat sampai lima sekolah dari tingkat SD hingga SMA atau SMK digandeng untuk menjalankan program tersebut.

“Tahun ini ada lima sekolah yang masuk, tersebar di Kapanewon Wonosari, Kapanewon Ponjong, dan Kapanewon Tepus. Kalau tahun kemarin ada empat sekolah, jumlahnya tergantung kemampuan anggaran,” kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Gunungkidul, Luh Gede Suastini, Kamis (19/01/2023).

Komoditas yang dipilih ialah buah-buahan, menurutnya selain karena produktif tanaman buah-buahan juga dapat membantu gizi siswa. Melalui program ini siswa akan dikenalkan sejak dini mengenai penanaman, perawatan, hingga panen buah-buahan.

“Mengenalkan tanaman kepada siswa agar terbiasa dalam merawat tanaman. Tanaman dipilih komoditas buah-buahan yang bisa untuj perindang, konservasi dan juga menghasilkan, bisa juga untuk edukasi siswa,” imbuhnya.

Untuk melalukan monitoring, pihaknya bekerjasama dengan PPL setempat yang akan mendampingi sekolah untuk merawat tanamannya. Ia berharap, kegiatan seperti ini dapat mengarahkan siswa menjadi petani milenial karena semakin kurangnya minat pemuda dalam bertani menjadi tantangan tersendiri untuk ditangani.

“Mudah-mudahan bisa diarahkan ke petani milenial, kami mulai memberikan edukasi tentang cinta pertanian. Kegiatan itu juga untuk memanfaatkan pekarangan sekolah yang jarang digunakan supaya lebih produktif,”tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler