fbpx
Connect with us

Pariwisata

Bupati Gagas Wisata Udara, Keliling Gunungkidul Gunakan Pesawat Kecil

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Mendengar kata Gunungkidul, pasti yang terbesit di pikiran adalah obyek wisata pantai yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri di masing-masing lokasi. Sejumlah wisata minat khusus serta buatan juga banyak di daerah ini, agar kian beragam pilihan wisatanya.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta, menyebut, saat ini pihaknya ingin mengembangkan wisata udara di Bumi Handayani. Konsepnya berupa terbang berkeliling Gunungkidul menggunakan pesawat kecil.

Hal tersebut diungkapkan oleh pensiunan anggota TNI ini beberapa waktu lalu. Sebagai langkah awal, Sunaryanta bersama dengan jajaran lainnya telah berkoordinasi untuk membicarakan gagasan tersebut, termasuk dengan komunikasi dengan komunitas penyedia layanan tersebut.

Menurutnya konsep ini sangat menjanjikan untuk perkembangan sektor wisata di Gunungkidul. Kondisi bentang alam yang luar biasa ini, cocok dinikmati melalui udara dengan cara terbang berkeliling menggunakan pesawat kecil.

“Gunungkidul ada lapangan udaranya di Kalurahan Gading, Kapanewon Playen. Itu bisa dimanfaatkan untuk membuka opsi wisata udara ini,” ucap Sunaryanta.

Agar tidak menjadi sebuah wacana omong kosong, tentunya perlu koordinasi lebih lanjut. Termasuk dengan mempertimbangkan berbagai hal, mulai dari komunikasi dengan pengelola Lanud, kesiapan sarana prasarana, hingga safety dan lain sebagainya.

“Perlu ada kajian yang matang. Nanti dikaji potensinya bagaimana dan seperti apa, termasuk kerjasama dengan pihak-pihak terkait (swasta),” ucap dia.

Sektor pariwisata merupakan salah satu misi Bupati Gunungkidul yang menjadi prioritas program kerja. Termasuk dengan menggandeng sejumlah investor dan ekonomi kerakyatan. Dirinya ingin mengembangkan wisata di Bumi Handayani dari berbagai sisi dengan mengangkat potensi yang ada dari darat, laut, hingga udara.

“Wisata minat khusus memang potensial, makanya konsepnya harus matang,” jelasnya.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian menyebut konsep wisata udara terbilang menarik dan inovatif. Menurutnya akan menjadi sebuah pengalaman menarik bagi wisatawan yang ingin melihat Gunungkidul dari udara.

“Tentu perlu kajian dan beberapa pettimbangan lain. Termasuk regulasinya, keamanannya dan lain-lain bagaimana,” ucap Arif Aldian.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler