fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hujan Deras di Wonosari, Pohon Tumbang Timpa Rumah Milik Lansia

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Hujan deras disertai angin kencang melanda sejumlah wilayah di Gunungkidul, Sabtu (11/01/2020) malam. Hal itu pun turut menjadi pemicu terjadinya pohon tumbang di wilayah Siraman II, Desa Siraman, Kecamatan Wonosari. Apesnya, pohon tumbang tersebut menimpa rumah yang dihuni oleh Karto Rejo (75). Atap rumah milik lansia ini pun mengalami kerusakan cukup parah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 21.19 WIB. Saat itu, wilayah Wonosari diguyur hujan cukup deras dan disertai angin kencang.

“Kemungkinan karena angin cukup kencang dan pohon nangka itu lapuk akhirnya tumbang,” kata Edy, Minggu (12/01/2020) pagi.

Ia mengatakan, pohon yang tumbang tersebut kemudian mengenai atap rumah milik Karto Rejo. Meski demikian, penghuni rumah tidak mengalami luka sama sekali. Sehingga dalam kejadian tersebut hanya berdampak pada kerusakan rumah.

Berita Lainnya  Jelang Lonjakan Wisatawan ke Gunungkidul, Kepolisian Akan Bina Pak Ogah

“Tidak ada korban jiwa, bangunan rumah saja yang rusak,” ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kejadian pohon tumbang ini menyita perhatian warga. Pihak BPBD bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) langsung mendatang lokasi dan melakukan evakuasi. Pohon akhirnya dipotong dan disingkirkan dari lokasi.

“Evakuasi langsung dilakukan malam tadi, pohon telah dipotong,” ucap dia.

Edy menghimbau kepada masyarakat yang mempunyai pohon besar atau tinggi di sekitar rumah agar segera dipangkas. Sehingga risiko pohon tumbang mengenai rumah dapat dihindarkan.

“Dalam satu bulan ini sudah ada beberapa kejadian serupa. Kita imbau kepada masyarakat untuk memangkas pohon yang berisiko tumbang terutama yang dekat dengan rumah,” pungkas dia.

 

Berita Lainnya  Pohon Asem di Jalan Semanu-Wonosari Timpa Truk dan Pemotor

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler