fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hujan Deras Senin Sore, Bencana Longsor dan Pohon Tumbang Landa Patuk dan Gedangsari

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Hujan dengan intensitas lebat dan disertai angin kencang mengguyur hampir seluruh wilayah di Kabupaten Gunungkidul pada Senin (30/12/2019) sore tadi. Hal tersebut menyebabkan sejumlah bencana alam mulai dari meluapnya sungai hingga pohon tumbang di beberapa titik.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul mencatat, pada Senin sore tadi sedikitnya ada 4 kejadian bencana alam di yang terjadi di wilayah Kecamatan Gedangsari dan Patuk. Menurutnya bencana alam ini terjadi karena turunnya hujan dengan intenstias tinggi dan berdurasi cukup lama yang mengguyur kedua wilayah tersebut.

Kejadian pertama, kata Edy, terjadi di wilayah Gunungcilik, Desa Watugajah, Kecamatan Gedangsari sekitar pukul 16.00 WIB sore tadi. Sebuah talud sungai dengan panjang 12 menter dan tinggi 3 meter di wilayah tersebut ambrol. Material longsor sendiri menutup jalan sehingga membuat akses jalan tak bisa dilalui masyarakat.

Berita Lainnya  Stir Macet di Tikungan, Mobil Berpenumpang 3 Orang Terjun ke Ladang

“Tidak bisa dilewati kendaraan roda empat. Selain itu akses menuju SD Negeri Watugajah juga terganggu,” ungkap dia, Senin petang.

Saat ini oleh warga dan relawan serta petugas mengantisipasi dengan menutup akses jalan di wilayah tersebut. Diharapkan dengan adanya tindakan itu dapat memberikan informasi agar tidak ada pengguna jalan yang terjebak dan masuk ke kawasan tersebut.

Edy menambahkan, di wilayah lain yakni di Padukuhan Jatibungkus, Desa Hargomulyo terdapat kejadian tanah longsor yang nyaris menimbun rumah milik Darmo Wiyono (85). Namun begitu menurutnya longsoran tanah tidak sampai menimpa bangunan.

“Pemilik rumah diungsikan, sementara rumah dikosongkan. Besuk rencana akan ada kerjabakti di lokasi longsor itu,” kata dia.

Kemudian lanjut Edy, di wilayah Patuk tepatnya di Padukuhan Putat Wetan, Desa Putat sebuah pohon jenis trembesi tumbang melintang di badan jalan. Tak hanya itu, pohon tersebut juga menimpa kabel yang menyebabkan jaringan listrik terputus.

Berita Lainnya  Dua Hari Menghilang Saat Berwisata, 2 Wisatawan Tak Kunjung Ditemukan

“Di Dusun (Padukuhan) Gumawang, Desa Putat juga ada pohon akasia dengan diameter 100 cm tumbang menutup akses jalan. Di sana akses jalan lumpuh karena kendaraan tidak bisa melintas. Jadi akses antara Dusun Gumawang ke Dusun Plumbungan terganggu,” ungkap dia.

Edy menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan monitoring. Terkait dengan luapan sungai yang terjadi di Hargomulyo, Gedangsari sampai saat ini belum ada laporan kerusakan. Pihaknya menghimbau kepada masyatakat untuk tetap waspada akan adanya bencana alam susulan.

“Kita harapkan tidak terjadi tetapi kita himbau untuk selalu waspada,” pungkas Edy.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler