fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hujan Disertai Angin Kencang Landa Paliyan, Satu Rumah Warga Rusak Parah Tertimpa Pohon

Published

on

Paliyan,(pidjar.com)–Rumah milik Ngatemo Kasdi (80) warga Lemahbang RT 04 RW 08, Kapanewon Paliyan mengalami kerusakan lumayan parah pada bagian atap akibat tertimpa pohon, Rabu (27/01/2021) sore. Kendati tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun diperkirakan kerugian mencapai jutaan rupiah.

Kepala Badan Pelaksana Bencana Daerah Gunungkidul, Edy Basuki mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 15.30 WIB sore tadi. Saat itu, kejadian bermula ketika hujan disertai angin kencang melanda wilayah tersebut sejak Rabu siang. Akibatnya, pohon jati berukuran cukup besar yang berada di samping rumahnya ambruk.

“Di samping rumah Ngatemo terdapat pohon jati dengan diameter cm, kemungkinan sudah lapuk dan ambruk menimpa rumah Ngatemo,” papar Edy, Rabu malam.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kala itu penghuni sedang tidak ada di rumah. Hanya saja sebagian genting dan usuk rumah Ngatemo rusak.

“Kami beserta warga aparat dan pemerintah kalurahan langsung melakukan penebangan pohon dan mengevakuasi material reruntuhan,” imbuh dia.

Atas peristiwa ini, Edy mengimbau masyarakat selalu waspada dengan bencana alam akibat cuaca. Ia meminta masyarakat melakukan penebangan mandiri jika disekitar rumah terdapat pohon dengan ukuran besar.

“Lebih baik melakukan penebangan mandiri jangan sampai roboh, karena cuaca ekstrem masih diperkirakan hingga Februari,” tukas Edy.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler