fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hujan Disertai Angin Kencang, Sejumlah Bangunan Rusak Akibat Tertimpa Pohon Tumbang

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)—Hujan deras disertai angina kencang terjadi di Kabupaten Gunungkidul, JUmat )19/01/2024) dini hari. Kondisi ini mengakibatkan puluhan pohon tumbang dan menimpa bangunan rumah dan kios mengalami kerusakan. Hingga siang ini, hujan masih terjadi di wilayah Gunungkidul, tim reaksi cepat dari BPBD dan sejumlah relawan lainnya masih terus melakukan pendataan dampak hujan deras disertai angina kencang.

Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan, Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Gunungkidul, Sunata mengatakan, update data hingga Jumat pagi ada 24 titik pohon tumbang dan tanah longsor di Gunungkidul, mayoritas pohon tumbang menimpa bangunan rumah milik warga sehingga menyebabkan kerusakan. Selain itu, juga menimpa bangunan sekolah, rumah ibadah dan ada yang melintang di jalan.

Berita Lainnya  Kebakaran Hanguskan Rumah Crisnanto, Kerugian Capai Puluhan Juta

“Ada beberapa talud rumah warga yang longsor karena hujan deras yang terjadi dini hari tadi,” papar Sunata.

“Untuk yang terlaporkan sementara baru di wilayah Semanu, Wonosari, Playen, Paliyan, dan Karangmojo,” jelas dia.

Hujan deras disertai angina kencang hingga siang ini masih terjadi. Adapun BPBD Gunungkidul menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat. Pemangkasan pohon lapik dan cabang berlebih diharapkan segera dilakukan.

“Jika terjadi hujan deras disertai angin kencang dan petir, diharapkan untuk menghindari pohon besar, tiang listrik, Baliho, daerah rawan longsor dan Daerah Aliran Sungai. Kami juga menghimbau agar dilakukan perawatan dan pembersihan saluran air dan drainase secara berkala,” imbuh Sunata.

Berita Lainnya  Sempat Catut Nama Perwira, Ini Pengakuan Pengemudi Avanza yang Tuntut Ganti Rugi Sopir Damkar

Sementara itu, Sekretaris Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah Operasi II Pantai Baron, Surisdiyanta mengatakan di wilayahnya terdapat 6 bangunan warung makan yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Pihaknya pun bersama dengan warga sekitar kemudian melakukan penanganan di lokasi-lokasi tersebut.

“Ada 6 bangunan seperti warung makan dan toilet umum yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ii, namun kerugian diperkirakan mencapai Rp 35 juta,” ujar Surisdiyanta.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler