fbpx
Connect with us

Peristiwa

Hujan Deras, Dua Lubang Menganga Muncul di Lahan Pertanian Warga Rongkop

Diterbitkan

pada

BDG

Rongkop,(pidjar.com)– Lubang menganga tiba-tiba muncul di lahan pertanian warga Padukuhan Wuni, Kalurahan Melikan, Kapanewon Rongkop. Hal ini tentunya mengejutkan warga setempat sehingga menyedot bantak perhatian. Pihak Kalurahan pun kemudian berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul dan Polsek setempat untuk dilakukan pemasangan policeline agar warga tidak mendekat di lokasi tersebut.

Jogoboyo Melikan, Joko mengatakan, lubang berdiameter 3 meter dengan kedalaman 3 meter tersebut diketahui pada Sabtu (20/01/2024) sore kemarin. Pemilik lading yaitu Supanto yang hendak beraktifitas pertanian dikagetkan dengan adanya 2 lubang besar dan tanah ambles di lahannya. Pria tersebut kemudian melaporkan kejadian ini ke pemerintah kalurahan.

“Diameter dan kedalamannya sekitar 3 meter. Sempat menjadi pusat perhatian masyarakat memang, kemudian dilakukan pemasangan policeline agar tidak ada yang mendekat,”terang Joko.

Berita Lainnya  Kecelakaan Beruntun Bus Wisata, 2 Penumpang Dilarikan ke Rumah Sakit, Gudang Mebel Hancur

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Gunungkidul, Purwono mengatakan, pihaknya telah mendapatkan laporan mengenai kejadian tanah yang tiba-tiba ambles atau diduga sinkhole tersebut. Adapun pihaknya kemudian menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan dan pendataan.

“Iya benar. Lokasinya tidak terlalu jauh, tadi siang ada petugas dari BPBD yang melakukan pengecekan di lokasi,” papar dia.

Beberapa hari terakhir hujan deras disertai angina kencang terjadi di Kabupaten Gunungkiudl. Hal ini merupakan salah satu Siklon Tropis Anggrek di wilayah DIY tak terkecuali di Kabupaten Gunungkidul. Kondisi ini dimungkinkan akan terjadi hingga 22 Januari 2024. Adapun pihaknya menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat. Pemangkasan pohon lapik dan cabang berlebih diharapkan segera dilakukan.

Berita Lainnya  Tinggalkan Tungku Menyala, Dapur Milik Ngatimin Dilalap Si Jago Merah

“Jika terjadi hujan deras disertai angin kencang dan petir, diharapkan untuk menghindari pohon besar, tiang listrik, Baliho, daerah rawan longsor dan Daerah Aliran Sungai. Kami juga menghimbau agar dilakukan perawatan dan pembersihan saluran air dan drainase secara berkala,” imbuh dia.

Berdasarkan data yang ada, ada 48 titik yang terdampak angina kecang beberapa hari lalu. Selain itu ada 3 orang yang harus mendapatkan perawatan di rumah sakit karena mengalami luka akibat tertimpa pohon tumbang saat melintas di jalan Wonosari-Jogja.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler