fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Ini 4 Titik Traffic Light Yang Terpasang ATCS, Untuk Kontrol Arus Lalu Lintas dan Pelanggaran

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Sejumlah titik di Kabupaten Gunungkidul kini sudah terpasang peralatan Area Traffic Control System (ATCS). Selain dapat memantau arus lalu lintas, ATCS tersebut juga dapat mengurai kepadatan lalu lintas maupun menengarai pelanggar peraturan lalu lintas di sekitar lokasi pemasangan alat. Peralatan ATCS sendiri dipasang di sejumlah traffic light di jalanan.

ATCS yang terpasang tersebut merupakan hibah yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan pada tahun 2021 lalu. Program tersebut dicetuskan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan.

Sementara ini sudah ada sekitar empat titik traffic light yang menggunakan sistem ATCS. Keempat titik tersebut diantaranya tersebar di beberapa persimpangan yang ada di Perempatan Gading, Pertigaan Arah Playen, dan Perempatan Budegan Wonosari.

Berita Lainnya  Segera Dicairkan, Ini Syarat Pengusaha Terdampak Pandemi Dapat Bantuan 1,2 Juta

Seksi Management dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Gunungkidul, Alvian mengatakan, traffic light yang menggunakan sistem ATCS dilengkapi dengan kamera CCTV yang terhubung langsung di ruang kontrol Dinas Perhubungan Gunungkidul. Nantinya, petugas di ruang kontrol akan melakukan pemantauan berkaitan dengan apa yang terjadi di titik-titik tersebut. Adapun titik-titik yang terpasang ATCS sendiri memang titik-titik yang cukup sibuk.

“Di ruang kontrol tersebut nantinya dapat merekayasa lalu lintas di sekitar traffic light yang sudah memakai sistem ATCS, selain itu dengan sistem tersebut secara mudah dapat melihat tingakat kepadatan lalu lintas,” Kata Alvian, Kamis (13/01/2022).

Menurut Alvian selain berfungsi untuk mengurai kemacetan, sistem tersebut juga akan banyak membantu kepolisian. Apabila memerlukan data terkait rekaman lalu lintas, pihak kepolisian juga dapat mengambil data yang terekam di ruang kontrol tersebut. Selain itu, pihaknya juga bisa mengetahui apabila ada pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh pengguna jalan.

Alvian juga menambahkan rencananya akan ada penambahan audio peringatan di sistem ATCS untuk memperingatkan pengendara yang terpantau di kamera CCTV melanggar lalu lintas.

Berita Lainnya  Dalam Sebulan Terakhir, Jumlah Ternak Mati Mendadak Tembus Lebih Dari 100 Ekor

“Selain itu ke depannya juga akan ada penambahan titik traffic light terutama yang berada di Pusat Kota Wonosari,” imbuhnya.

Dirinya juga berharap dengan adanya ATCS tersebut dapat menopang Program kawasan strategis dan pariwisata di Kabupaten Gunungkidul.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler