fbpx
Connect with us

Sosial

Inspeksi di 4 Kecamatan, Dinas Temukan Buku Pelajaran SD Yang Cantumkan Yerusalem Sebagai Ibukota Israel

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) menemukan sejumlah buku pelajaran yang berisi tentang penyebutan ibu kota Israel adalah Yerusalem. Hal tersebut ditemukan langsung oleh Kepala Disdikpora Kabupaten Gunungkidul, Bahron Rosyid saat melakukan pengecekan ke lapangan pada Kamis (14/12/2017) pagi tadi.

Dalam buku mata pelajaran IPS untuk anak didik SD kelas VI terbitan Yudhistira itu, di suatu halaman di mana dicantumkan nama-nama ibukota negara di Benua Asia, tertuliskan nama ibukota Israel adalah Yerusalem sedangkan nama ibukota Palestina justru tidak dicantumkan.

"Tadi pagi kita langsung melakukan pengecekan kelapangan dan kita temukan adanya buku pelajaran SD mata pelajaran IPS," ujar Bahron.

Berita Lainnya  Operasi Hingga 2 Minggu ke Depan, Anggota Polisi Diminta Jaga Lisan dan Tindakan di Lapangan

Ditambahkan Bahron, buku tersebut sudah tersebar ke beberapa sekolah di empat kecamatan di Kabupaten Gunungkidul. Untuk itu pihaknya langsung melakukan pengeblokan terhadap materi dalam buku yang mencantumkan Yerusalem sebagai ibukota Israel tersebut. Bahron sendiri mengakui bahwa buku tersebut sudah beredar.

"Yang sudah ada di Kecamatan Wonosari, Semanu, Karangmojor dan Ponjong. Kita minta guru untuk mengeblok materi tersebut sehingga tidak bisa dibaca lagi," paparnya.

Atas temuan ini, pihaknya menghimbau kepada sekolah-sekolah ke depan agar lebih jeli dalam membeli buku. Selain itu guru juga diminta untuk lebih cermat sebelum menggunakannya.

"Harus ada seleksi dalam menentukan penyedia maupun penerbit buku," pungkas Bahron.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler