fbpx
Connect with us

Uncategorized

Jadi Desa Mandiri Budaya, Kalurahan Bejiharjo Dapat Bantuan 1 M Setiap Tahun

Diterbitkan

pada

BDG

Karangmojo,(pidjar.com)–Kalurahan Bejiharjo terpilih menjadi salah satu diantara sepuluh desa mandiri budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebagai desa mandiri budaya, Kalurahan Bejiharjo akan mendapatkan bantuan keuangan khusus dari dana keistimewaan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharja mengatakan, bantuan sendiri senilai Rp. 1 Miliar setiap satu tahunnya yang nantinya akan digunakan untuk pengembangan wilayah agar menjadi desa mandiri budaya. Di tahun 2021 ini menjadi tahun pertama untuk pengembangan desa mandiri budaya dengan memaksimalkan potensi wisata dan kebudayaan.

“Harapannya lebih dieksplor lagi bagaimana wisata dan budaya menjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Raharja, Minggu (07/03/2021).

Raharja menambahkan, untuk prioritas pertama yang akan disentuh ialah Sendang Beji. Nantinya juga akan dimaksimalkan potensi budaya. Dimana atraksi kebudayaan seperti jathil, reog nanti akan ditampilkan secara langsung di Sendang Beji.

“Jadi wisatawan yang berkunjung di Umbul Beji akan mendapatkan suguhan atraksi kebudayaan secara langsung,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan, Kalurahan Bejiharjo sudah mewakili dari semua aspek jenis desa. Misalnya saja desa wisata, desa budaya, desa prima dan desapreneur.

Berita Lainnya  Berisiko Tinggi Penularan Covid-19, Disnakertrans Minta Perusahaan Perketat Protokol Kesehatan

“Ada empat komponen yang menjadikan desa menjadi desa mandiri budaya. Harapan kami dengan desa mandiri budaya ini wisatanya juga terangkat,” tandas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler