fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Jadwal Peringatan Hari Jadi Gunungkidul ke-191, Dari Pameran UMKM, Hiburan, Hingga Kirab Budaya

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Peringatan Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul yang ke-191 akan jatuh pada 27 Mei 2022 mendatang. Guna menyemarakkan perhelatan ini, Pemkab berencana akan menggelar sejumlah acara. Mulai dari bakti sosial, pengajian, pameran, hingga kirab budaya. Untuk Kirab Budaya sendiri, akan menjadi yang pertama kali digelar setelah sebelumnya vakum akibat adanya pandemi.

Sejak tanggal 10 Mei 2022 lalu, rangkaian acara peringatan hari jadi Gunungkidul telah diadakan oleh pemerintah melalui aksi donor darah. Kemudian Pengajian Akbar pada 21 Mei 2022 kemarin, anjangsana ke Bupati Gunungkidul terdahulu, hingga ziarah kubur ke makam Bupati yang sudah meninggal dunia.

Kegiatan olahraga dan festival juga menjadi salah satu rangkaian kegiatan. Mulai Jumat (27/05/2022) mendatang, Pemerintah melalui Dinas Perdagangan akan menggelar pameran yaitu Gunungkidul Expo yang bertempat di Taman Budaya Gunungkidul. Puluhan stand telah disiapkan panitia untuk menyemarakkan kegiatan ini.

Berita Lainnya  Tunggu Keputusan Pemerintah Pusat, Pemkab Gunungkidul Usulkan Ratusan Formasi CPNS Tahun Ini

“Disediakan 50 stand, mereka yang ikut pada pameran ini adalah pelaku UMKM Gunungkidul,” terang Kepala Seksi Promosi dan Pengembangan Usaha, Eko Susilo, Rabu (26/05/2022).

Pada kegiatan Gunungkidul Expo ini akan diselenggarakan selama 5 hari mulai 27 sampai 31 Mei 2022 mendatang. Produk yang nanti akan dipamerkan diantaranya adalah kerajinan kayu, batu, besi, bambu, makanan jadi dan lainnya. Tujuan dari pameran ini adalah untuk turut mempromosikan produk-produk lokal Gunungkidul.

Dengan begitu, masyarakat diharapkan akan lebih mengenal bahwa banyak sekali produk lokal yang memiliki kualitas serta menarik. Di sisi lain juga meningkatkan pendapatan para UMKM.

“Tidak murni pameran sebab di kawasan yang sama akan diadakan hiburan kesenian juga untuk memberikan hiburan kepada pengunjung,” terang dia.

Malam tirakat akan dilakukan pada 26 Mei 2022 di Bangsal Sewoko Projo. Kemudian pada 27 Mei pagi akan diadakan resepsi Hari Jadi Gunungkidul dan gelar budaya. Dilanjutkan pada 29 Mei 2022 Kirab Budaya. Adapun untuk Kirab Budaya ini akan mengambil rute ,Simpang Tiga Kranon – Alun alun Wonosari. Rangkaian acara sendiri akan ditutup pada 11 Juni 2022 2022 mendatang yaitu dengam diadakannya Fashion Show di Goa Rancang Kencono, Padukuhan Menggoran II, Kalurahan Bleberan, Kapanewon Playen.

Berita Lainnya  Rapid Tes Tak Lagi Digunakan, Dinkes Langsung Lakukan Swab Tes Untuk Tracing Kasus Positif

Bupati Gunungkidul Sunaryanta mengatakan, anjangsana dan ziarah dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada leluhur Gunungkidul sekaligus kepada mantan bupati yang sudah memberikan jasa terhadap pembangunan Gunungkidul. Ini merupakan bentuk penghargaan Pemkab Gunungkidul kepada para pejabat terdahulu.

“Anjangsana dilakukan dalam rangka silahturahmi untuk menyambung persaudaraan, sekaligus ingin mendapatkan arahan dari para senior,” tutur Bupati Gunungkidul.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler