fbpx
Connect with us

Peristiwa

Jaga Kondusifitas Jelang Ramadhan, Lapas Kelas IIB Wonosari Geledah Kamar Warga Binaan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Lapas Kelas IIB Wonosari bekerjasama dengan Polres Gunungkidul dan Kodim 0730 Gunungkidul operasi penggeledahan kamar hunian warga binaan. Hal ini dilakukan untuk memastikan barang-barang yang ada di dalam kamar para warga binaan, termasuk sebagai upaya deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban.

Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib), Wahyudi mengatakan, pengeledahan ini dilakukan menindaklanjuti surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan RI atas peningkatan kewaspadaan menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri. Serta untuk menjaga kebersihan kamar hunian dan lingkungan kantor.

Jumat (08/03/2024) malam aktivitas di rumah tahanan ini berjalan seperti biasa. Beberapa petugas kemudian melakukan apel sekitar pukul 19.00 WIB bersama dengan anggota dari Polres Gunungkidul dan Kodim 0730 Gunungkidul. Selanjutnya, satu persatu blok dan kamar warga binaan dilakukan penyisiran.

Berita Lainnya  Jarang Disiram, Warga Keluhkan Debu Pembangunan JJLS

Seluruh bagian kamar dan barang bawaan yang ada di dalam dilakukan penggeledahan. Kegiatan ini berlangsung selama beberapa waktu karena secara keseluruhan dilakukan pengecekan.
“Hasil dari operasi penggeledahan yang dilakukan, tidak ditemukan keberadaan Handphone dan Narkoba,” terang Wahyudi, Jumat (08/03/2024).

Dari pengeledahan yang dilakukan ini, petugas hanya potongan besi, baterai, tali, korek api gas, dan beberapa barang lainnya yang kemudian dilakukan penyitaan. Sesuai dengan SOP yang berlaku, barang-barang semacam ini tidak diperkenankan berada di lingkungan Lapas sebab dikhawatirkan dapat digunakan untuk membahayakan penghuni lain maupun petugas.

“Barang temuan yang didapatkan dalam operasi penggeledahan selanjutnya diinventarisir dan didata oleh petugas, untuk selanjutnya dimusnahkan, “ tambahnya

Berita Lainnya  Ugal-ugalan saat Melintas di JJLS, 3 Remaja Diamankan Polisi

Kepala Lapas Kelas IIB Wonosari, Marjiyanto mengatakan hasil penggeledahan ini kemudian akan dilakukan pendataan dan pemusnahan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas.

“Penggeledahan ini dilakukan sebagai upaya dan komitmen petugas lapas wonosari dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban untuk meminimalisir gangguan-gangguan keamanan dari barang-barang terlarang.” Terang Marjiyanto.

“Prinsipnya Lapas Kelas IIB Wonosari dan jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kanwil Kemenkumham DIY untuk menjaga Lapas/Rutan/LPKA agar tetap Bersinar Hatinya (Bersih Dari Narkoba, Handphone dan Pirantinya),” tutup Marjiyanto.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler