fbpx
Connect with us

Sosial

Jalin Kerjasama, UGM dan Ponpes Al Hikmah Antisipasi Penyakit Menular dan Bullying

Diterbitkan

pada

BDG

Karangmojo,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)–Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta menjalin kerjasama dengan Pondok Pesantren Al Hikmah, Karangmojo. Kerjasama yang baru pertama kali dilakukan ini untuk mengantisipasi adanya persebaran penyakit menular yang sangat riskan dan biasa terjadi di kompleks ponpes.

Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan UGM, Ova Emilia mengatakan, dari sejumlah pantauan yang dilakukan pihaknya, penyakit kulit sangat rentan menular di kalangan pondok pesantren. Pasalnya, mobilitas para santri cukup padat pada kondisi tempat yang mayoritas sempit.

“Penyakit kulit ini mudah tertular karena gesekan langsung dan kurang terjaganya kebersihan air,” kata Ova kepada awak media, Senin (27/05/2019).

Ia menjelaskan, kasus penyakit kulit banyak ditemukan di hampir seluruh ponpes yang pernah dikunjungi pihaknya. Untuk itu, pada kesempatan ini pihaknya memberikan bantuan berupa perlengkapan mandi yang diharapkan dapat membantu mengurangi penyebaran penyakit.

Berita Lainnya  Berkunjung ke Desa Penari di Gunungkidul Yang Saat Ini Terancam Punah Lantaran Kurangnya Regenerasi

“Kalau mandinya rajin kan kita bisa sedikit terhindar dari penularan penyakit kulit,” ucap dia.

Rencananya, pihaknya juga akan memberikan pelatihan sehingga pengurus ponpes bisa mengantisipasi gejala-gejala adanya persebaran penyakit. Selain itu, kader nantinya juga bertugas mengawasi adanya kasus bullying di sekolah.

Bullying kadang terjadi, kader nantinya kita berikan pelatihan untuk mengawasi itu juga,” bebernya.

Sementara itu, pimpinan Ponpes Al Hikmah, Harun Al Rasyid mengungkapkan banyak terimakasih kepada UGM. Pihaknya berharap, tidak hanya bidang kesehatan saja yang nantinya menjalin komunikasi dengan ponpes.

“Kita harapkan nanti dari berbagai fakultas dapat datang kesini dan berbagi ilmu manfaat kepada para penghuni ponpes,” tutup Harun.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler