fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Kontak Erat Dengan Pasien Positif, Belasan Warga Tak Hadiri Swab PCR Massal

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Penularan covid19 yang berasal dari pabrik tas di Padukuhan Nogosari I, Kalurahan Bandung, Kapanewon Playen kian meluas. Pada Rabu (09/06/2021) ini, puluhan warga Nogosari I menjalani pengambilan swab PCR. Namun pada pengambilan swab tes ini, ada belasan warga yang tak hadir.

Surveilans UPT Puskesmas Playen I, Intan Triasmara mengatakan, pihaknya terus menggencarkan tracing guna mengantisipasi penularan covid19 di Padukuhan Nogosari 1. Sebagai langkah lanjutan, ada 86 warga yang diputuskan menjalani tes swab PCR. Para warga tersebut diduga sempat menjalani kontak erat dengan pasien positif covid19.

“Ini merupakan hasil penelusuran awal pada Jumat (04/06/2021) lalu, para warga ini sudah menjalani rapid antigen. Namun kemudian kita ambil langkah swab PCR untuk memastikan kondisi mereka,” beber Intan, Rabu siang.

Dilanjutkannya, proses pengambilan swab sendiri dilangsungkan di Balai Padukuhan Nogosari 1. Namun begitu, tidak semua warga mendatangi tes swab yang dilakukan oleh petugas. Dari 86 orang tersebut, hanya 75 orang warga yang hadir dan kemudian diambil tes swabnya. Nantinya, sebelum hasil swab keluar, para warga ini diwajibkan untuk menjalani isolasi mandiri.

“Hasilnya 4 sampai 5 hari ini sudah keluar,” kata Intan.

Sementara itu, Panewu Playen, Muhammad Setyawan menambahkan, mengakui perihal adanya peningkatan kasus positif di wilayahnya. Hingga saat ini, sudah ada puluhan warga Playen yang positif covid19. Bahkan, ada 2 RT di wilayahnya yang ditingkatkan statusnya menjadi sona orange.

“Satu RT di Kalurahan Dengok dan 1 RT di Kalurahan Bandung. Mereka sementara melakukan isolasi mandiri,” kata Setyawan.

Pihaknya saat ini terus melakukan pemantauan agar nantinya tidak ada penyebaran covid19 yang lebih luas lagi di Kapanewon Playen. Bersama dengan UPT Puskesmas setempat, ia terus melakukan tracing dan juga pengetatan protokol kesehatan.

“Kebetulan di saat yang sama juga kami sedang menggencarkan vaksinasi bagi lansia dan para pedagang pasar,” tandas Setyawan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler