fbpx
Connect with us

Sosial

Jayadi, Siarkan Ajaran Islam Melalui Seni

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari, (pidjar.com)–Di tengah tenarnya lagu dangdut koplo dan campursari yang identik dengan penyanyi sexy dan bersuara merdu, tidak membuat grup Campursari Islami Kalimasada ciut harapan. Terbentuk sejak tahun 2001, grup ini justru menjadi alternatif unggulan dalam menyiarkan ajaran agama Islam melalui seni.

Awal berdirinya pun tak mudah. Ejekan dan cemooh sering diterima lantaran kala itu campursari religius sama sekali belum ada di Kabupaten Gunungkidul. Banyak masyarakat yang tercengang begitu cemoohan justru menjadi pemicu grup Campursari Kalimasada untuk terus berkarya dengan nuansa Islami.

“Alhamdulilah kita sebagai pegiat seni tidak murni mencari profit dilandasi semangat dakwah dan seni religi,” tutur Ketua Campursari Islami Kalimasada, Jayadi kepada pidjar.com, Minggu (15/09/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, lambat laun masyarakat Gunungkidul mulai femilier dengan keberadaan campur sari religi. Saat ini, banyak grup campur sari yang mengarah ke religi setelah moncernya Campursari Kalimasada.

Berita Lainnya  Mesin Tanam Modern Diperkenalkan Kepada Petani Patuk, Bercocok Tanam Jadi Makin Mudah

“Kecenderungan justru kalangan menengah dan atas yang mengundang walau masyarakat umum juga sudah mulai banyak yang tertarik,” bebernya.

Di awal berdirinya, para seniman asal Desa Pulutan ini memang sebagai pengurus pengajian desa. Setiap mengadakan pengajian akbar umat yang hadir hanya sedikit.

“Tapi heran kami, kalau ada pentas pertunjukkan musik selalu ramai, maka kami mencoba metode campur sari saat pengajian dengan syair yang dirubah Islami,” tutur Jayadi.

Dengan peralatan meminjam kelompok campur sari yang sudah tidak dipakai, kala itu jamaah antusias untuk mengaji. Kemudian dikembangkan membuat album.

Campur Sari Islami Kalimasada tahun 2013 lalu telah mengeluarkan album religi bersama penyanyi kondang Dhimas Tedjo. Album tersebut diberi nama Renungan Wengi dan sukses digandrungi penikmat campursari.

Berita Lainnya  Bakal Diberi Perawatan Istimewa, Begini Penampakan Sapi Kurban Sumbangan Presiden Jokowi

“Saat ini kami makin dicintai, suatu kehormatan bagi kami untuk bersyiar mengenai agama Islam melalui lantunan lagu,” pungkasnya. 

 

Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler