fbpx
Connect with us

Sosial

Kalahkan Tim Dari Universitas, SMKN 1 Nglipar Sabet Jawara Lomba Gobak Sodor

Diterbitkan

pada tanggal

Nglipar, (pidjar.com)–SMKN I Nglipar berhasil meraih prestasi menggembirakan dalam Lomba Gobak Sodor tingkat Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam kejuaraan yang berlangsung pada Sabtu (02/11/2019) lalu ini, tim SMK N 1 Nglipar berhasil merebut juara 1. Sepuluh siswa SMKN I Nglipar yaitu Isnaini Nur Hasanah, Cindi Oktavia, Levina Prapanca, Maria Sri, Silfia Ariati, Krisna Wati, Adinda Listya, Arita Andariska, Umi Nurul dan Galuh Nimas berhasil mengungguli para peserta lain yang berasal dari seluruh DIY.

Ketrampilan putra-putri siswi SMKN I Nglipar ini berhasil menyingkirkan 12 tim lain. Sebuah prestasi yang sangat apik lantaran selain mengalahkan rekan seusia, para siswa ini juga berhasil mempecundangi tim mahasiswa dari sejumlah kampus di DIY. Bahkan pada babak final, sepuluh siswa SMKN I Nglipar berhasil menyingkirkan perwakilan DIY dalam Pekan Olahraga Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional yakni Pondok Pesantren Padanaran.

Berita Lainnya  Tingkatkan Populasi Hewan Ternak, Program Upsus Siwab Terus Digencarkan

Suka duka dalam latihan dipersiapkan oleh tim SMKN I Nglipar dalam mengikuti ajang perlombaan permainan tradisional ini. Meskipun hanya memiliki waktu 1 bulan untuk latihan di sela-sela belajar, para siswa nyatanya berhasil memboyong Piala GKR Hemas juga uang pembinaan senilai Rp. 2,5 juta.

“Memang bukan sesuatu yang mudah untuk kembali mengajak anak didik melestarikan lagi bermain bersama, terlebih saat ini banyak generasi muda lebih tertarik pada gadget,” ujar pelatih gobak sodor SMK N I Nglipar, Agung Wibowo kepada pidjar.com, Senin (04/11/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan, kemenangan yang diraih oleh SMKN I Nglipar tentu mebutuhkan perjuangan yang serius bagi para siswi dan pelatih. Setiap harinya, di sela-sela pelajaran dan sepulang pelajaran, para siswa meluangkan waktu untuk berlatih.

Berita Lainnya  Tindak Lanjuti Keputusan Dinas, SMP N 2 Playen Akhirnya Resmi Batalkan Pungut Sumbangan ke Wali Murid

“Karena yang dinilai ialah kelincahan, ketrampilan, fokus dan ketahanan fisik maka latihan harus continue, berkelanjutan,” imbuh Agung.

Terpisah, Humas SMKN I Nglipar, Nuriyah Subandini mengapresiasi capaian anak didiknya dalam melestarikan permainan tradisional. Belum lama ini, SMKN I Nglipar telah maju ke tingkat nasional dalam perlombaan gobak sodor.

“Memang pada Oktober lalu kami sudah dikirim tingkat Nasional untuk mewakili DIY berlomba dengan 34 provinsi lainnya, kemudian ada perlombaan serupa yang diselenggarakan di Bopkri II kami ikutan lagi, ” ujar Nuriyah.

Saat ini, perlombaan gobak sodor mulai dipopulerkam di tingkat nasional. Setiap dua tahun sekali, cabang olahraga gobak sodor telah dilombakan di tingkat nasional. Saat ini, perlombaan gobak sodor di tingkat nasional telah bergulir tujuh kali.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler