fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Kalurahan Dengan Jumlah Penduduk Terpadat di Gunungkidul Ini Kesulitan Lakukan Pemerataan Bantuan

Published

on

Semanu,(pidjar.com)–Semanu merupakan salah satu kapanewon di Gunungkidul yang memiliki cakupan wilayah sangat luas serta jumlah penduduk yang cukup banyak. Misalnya saja Kalurahan Pacarejo, di kalurahan tersebut terdapat 28 padukuhan dengan jumlah 5.000 KK di sana. Banyaknya jumlah penduduk tersebut menjadi salah satu kendala pemerintah kalurahan untuk melakukan pemerataan bantuan bagi warganya.

Hal ini diungkapkan oleh Lurah Pacarejo, Suhadi. Menurutnya jumlah KK sebanyak 5.000 yang tersebar di 28 Padukuhan membuat pemkal kesulitan dalam memetakan penerima bantuan. Pasalnya sangat banyak warganya yang belum tersasar bantuan.

“Seleksi yang dilakukan benar-benar matang untuk menentukan penerima bantuan ini agar tepat sasaran dan bermanfaat,” kata Suhadi, Senin (01/03/2021).

Adapun untuk BLT dana desa tahun 2021 ada 100 keluarga penerima manfaat (KPM) yang mendapatkan bantuan sebesar Rp 300.000 setiap bulan selama setahun kedepan. Sedangkan untuk bantuan bersumber dari Silpa Dana Desa 2020 lalu ada 16 KK yang menerima bantuan.

Lebih lanjut ia mengungkapan, meski banyak gelontoran bantuan dari pemerintah, namun masih ada sebagian warga yang belum mendapatkan bantuan. Hal itu karena adanya sejumlah faktor yang dihadapi.

“Dana Desa kita juga terbatas, penduduk kami sangat padat hal ini yang menjadi kendala tidak semua warga tersasar bantuan,” imbuh dia.

Sementara itu, Lurah Semin, Tri Sutrisno mengatakan di Kalurahan Semin untuk BLT Dana Desa dianggarkan untuk program pembangunan fisik dan penyaluran BLT dana Desa. Untuk bantuan tersebut ada 42 KK yang tahun ini menerima bantuan.

“Seleksi saat itu kami lakukan dengan menjaring masukan sejumlah tokoh padukuhan karena mereka yang mengetahui kondisi langsung di lapangan,” ucap Tri Sutrisno.

Berdasarkan pemetaan dan pendataan yang dilakukan, di Kalurahan Semin terdapat 3.643 Kepala Keluarga dari jumlah tersebut 3.112 KK telah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa BST, BLT Dana Desa, PKH, BPNT dan program lainnya. Masih tersisa 531 KK yang belum tersentuh bantuan.

“Dari 42 itu sementara untuk 6 bulan, nanti di APBKalurahan penerimanya tetap atau berubah nanti diseuaikan,” pungkas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler