fbpx
Connect with us

Peristiwa

Kapal Karam Diterjang Ombak, Dua Nelayan Terombang-ambing di Lautan

Published

on

Tepus,(pidjar.com)–Sebuah kapal yang diketahui bernama Chaza 04 karam di Perairan Pantai Ngandong, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus pada Jumat (17/01/2020) pagi. Akibatnya dua nelayan di atasnya sempat terombang ambing di lautan lepas. Beruntung keduanya bisa diselamatkan meski sempat harus mendapatkan perawatan medis.

Sekretaris SAR Wilayah II Pantai Baron, Surisdiyanto menceritakan, kejadian ini bermula ketika Iyon Handifal (23) dan Narto (30) keduanya warga Bun Agung, Klesem, Kecamatan Duren, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur tengah mencari ikan di perairan Ngandong. Keduanya memang nelayan perantau, yang sering beraktifitas mencari ikan di wilayah Pantai Ngandong.

“Saat itu kapal yang dikendarai Iyon ingin mendarat ke tepian, namun belum sampai tepi, dari belakang terhantam ombak,” tutur Suris, Jumat siang.

Lebih lanjut Suris mengatakan, melihat ombak yang begitu besar datang, kedua nelayan tersebut menyadari bahwa ada bahaya besar yang mengancam. Keduanya langsung meloncat dari atas kapal ke perairan untuk menyelamatkan diri.

“Kejadiannya tepat di depan Pantai Ngandong,” imbuhnya.

Baik Iyon maupun Narto sendiri sempat terombang-ambing di lautan lepas untuk beberapa waktu. Beruntung keduanya memiliki kemampuan berenang yang cukup lihai.

“Keduanya mampu bertahan di lautan lepas sembari menunggu bantuan datang,” imbuhnya.

Keberuntungan lainnya, kebetulan peristiwa naas ini terpantau oleh petugas SAR yang tengah bertugas di Pantai Ngandong. Akhirnya, sejumlah petugas langsung menggelar operasi penyelamatan. Tak berapa lama kemudian, kedua nelayaan itu berhasil dievakuasi ke daratan.

“Kondisi korban sudah sangat lemas tapi setelah diberi perawatan kondisinya membaik. Sementara untuk kapal, juga sudah berhasil dievakuasi,” tandasnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler