fbpx
Connect with us

Sosial

Kesal Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Karangsari Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan

Diterbitkan

pada

BDG

Semin, (pidjar.com)–Warga Desa Karangsari, Kecamatan Semin nampaknya sudah habis kesabaran. Hal itu lantaran jalan kabupaten yang menghubungkan antara Kecamatan Semin menuju jalan alternatif Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah sudah sejak beberapa waktu ini dalam kondisi rusak. Kerusakan yang terjadi sendiri cukup berat dan selain membuat tidak nyaman, juga berbahaya bagi para pengguna jalan. Lantaran kesal dengan situasi yang berlarut-larut ini dan kerusakan yang terjadi semakin parah, warga kemudian berinisiatif menanam pohon pisang di tengah jalan.

Salah seorang warga setempat, Sidi Purnomo menjelaskan, sudah sekitar 7 bulan jalan di wilayahnya tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah. Sebuah hal yang tentunya sangat mengganggu aktifitas warga lantaran jalan tersebut merupakan jalur utama yang seringkali digunakan. Menurutnya, sedikitnya ada enam titik jalan yang mengalami kerusakan cukup berat dan tak mendapatkan penanganan dari pemerintah. Hal itulah yang membuat warga lantas berinisiatif menanam pohon pisang di tengah jalan.

Berita Lainnya  Pemkab Segera Atur Jam Operasional Swalayan

“Sudah berbulan-bulan rusak, ada banyak titik, kami sudah berupaya untuk menghubungi kepala desa katanya bukan kewenangan desa melainkan kewenangan pemkab karena itu jalan kabupaten,” ungkap Sidi Purnomo, Selasa (21/05/2019).

Ia menyesali, pembangunan infrastruktur di Kabupaten Gunungkidul yang semakin maju namun terkesan tidak menyentuh daerah perbatasan. Menurutnya, hal ini bisa dibuktikan dengan perhatian yang minim terkait dengan keluhan-keluhan dari masyarakat perbatasan. Seperti misalnya terkait dengan jalanan rusak ini, tidak hanya sekali dua kali warga sekitar mengajukan agar jalan tersebut segera diperbaiki.

“Kesannya pemerintah tidak ada perhatian, bahkan kami sudah pernah berbicara dengan bupati terkait hal ini. Mirisnya, selama ini Desa Karangsari bisa disebut tidak bisa menikmati pembangunan infrastruktur,” kata dia.

Saat dikonfirmasi, Kabid Binamarga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Agustinus Setyo Koordijanto mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah memantau kerusakan jalan yang terjadi di jalur utama Desa Karangsari tersebut. Terkait hal tersebut, upayakan perbaikan juga telah dilakukan. Namun diakuinya, perbaikan tersebut masih sebatas menambal jalan rusak.

Berita Lainnya  Rela Bergelut Dengan Sapi-sapi Raksasa, Dika Sukses Jadi Jutawan di Usia Muda

“Di Jalan Karangsari Semin sedang diupayakan, sebenarnya ada program paket perbaikan jalan, tetapi saat ini masih proses pengadaan penyedia melalui sistem, sekitar dalam minggu ini perkiraan sudah bisa kontrak dan bisa segera dieksekusi,” tandasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler