fbpx
Connect with us

Sosial

KKN UMBY Di Semanu Tengah Mengadakan Kegiatan Ikanisasi Sebagai Upaya Pencegahan DBD

Diterbitkan

pada

BDG

Kabupaten Gunungkidul merupakan kabupaten yang terletak di bagian selatan Yogyakarta di mana kondisi topografi yang didominasi kawasan perbukitan karst dengan tanah yang berjenis kapur yang menyebabkan Gunungkidul mengalami kesulitan air bersih terutama dikala musim penghujan tiba, maka masyarakat banyak yang menggunakan metode menampung air hujan untuk kebutuhan mandi, cuci, dan sebagainya. Dari masalah air tersebut maka yang harus di waspadai masyarakat adalah penyakit DBD.

Pada awal tahun 2023 Dinas Kesehatan Gunung Kidul mencatat kematian pertama akibat demam berdarah dengue (DBD). Korban meninggal merupakan anak berusia 10 tahun asal Kapanewon Semanu. Oleh karena itu mengingat resikonya yang tinggi maka perlu dilakukan upaya-upaya untuk mengurangi penyebaran DBD tersebut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk menghambat perkembang biakan nyamuk yaitu melalui pembasmian jentik-jentik nyamuk. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan predator alami jentik nyamuk seperti ikan. Salah satu ikan yang memiliki kemampuan tersebut yaitu ikan nila merah.

Berita Lainnya  Sensus Penduduk Besar-besaran Tahun Depan, Begini Tahapannya

Menyikapi permasalahan tersebut KKN Kelompok 32 Universitas Mercu Buana Yogyakarta mengadakan program ikanisasi sebagai salah satu program kerja yang mendapat wilayah penugasan di Semanu Tengah. Kegiatan ini diisi dengan pembagian bibit ikan gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini dilaksanakan pada Minggu, 12 Februari 2023 pada jam 08:00 s/d 10:00 WIB  yang bertempat di Balai Padukuhan Semanu Tengah, Kalurahan Semanu, Kapanewon Semanu.

Ikan Nila merah dipilih karena mampu memakan jenti-jentik nyamuk sehingga potensi munculnya nyamuk penyebab demam berdarah dapat diminimalisisir. Selain itu pemanfaatan ikan nila untuk mengendalikan jentik nyamuk tidak menimbulkan resiko terhadap lingkungan dan tidak membahayakan bagi kesehatan serta tidak menyebabkan nyamuk menjadi lebih kebal. Ikan yang dibagikan kepada masyarakat Padukuhan Semanu Tengah berjumlah sebanyak 140 ekor. Ikan-ikan tersebut dapat dipelihara dalam bak-bak penampungan air yang ada di sekeliling rumah terutama penampungan air yang kapasitasnya besar dan susah untuk dikuras sehingga berpotensi menjadi sarang nyamuk. (KKN Kelompok 32 Universitas Mercu Buana Yogyakarta)

Berita Lainnya  JJLS Rongkop-Girisubo Marak Balapan Liar, Ini Ancaman Polisi

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler