fbpx
Connect with us

Pendidikan

Klaster Covid-19 Darul Quran Tak Pengaruhi Kegiatan 33 Ponpes di Gunungkidul

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kemenag Gunungkidul memastikan 33 pondok pesantren yang saat ini beroperasi melaksanakan kegiatan yang melibatkan para santri aman dari covid-19. Kendati belum lama ini belasan santri di Darul Quran dinyatakan positif corona Kemenag Gunungkidul tetap mengizinkan 33 pondok tersebut beroperasi denhan protokol kesehatan ketat.

Kepala Kantor Kemenag Gunungkidul, Arif Gunadi mengatakan, pihaknya saat ini terus memantau 33 pondok pesantren yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar. Pemantauan ini secara rutin dilakukan untuk memastikan apakah pesantren tersebut dalam kondisi aman atau ada yang terpapar covid19.

“Termasuk yang Darul Quran itu kan kami dapati karena monitoring, setelah didapati kami bisa menentukan langkah dan berkoordinasi dengan gugus tugas serta puskesmas setempat,” papar Arif, Senin (21/12/2020).

Arif menambahkan, sejauh ini di masing-masing pesantren sudah memiliki gugus tugas penanggulangan covid19. Bahkan ia menilai sebetulnya santri lebih aman dari paparan virus manakala berada di dalam pesantren.

“Makanan bergizi, suplemen, jam olahraga kan dijadwalkan ketat mereka juga jarang sekali kontak dengan orang luar, sebetulnya lebih aman,” jelasnya.

Namun begitu, dengan adanya kasus di Darul Quran pihaknya semakin memperketat pengawasabn. Bahkan belum lama ini pihaknya menerima hibah dari Kemenag peralatan protokol kesehagan untuk pesantren di Gunungkidul.

“Ada sprayer dan cairan disinfektan, ada alat ukur suhu, masker, handsanitizer termasuk dengan suplemen agar para santri kondisinya selalu fit,” kata Arif.

Ia mengimbau masyarakat maupun wali santri yang kini tengah mondok di Kabupaten Gunungkidul tak perlu resah. Adapun yang terjadi di Darul Quran akan menjadi pelajaran bagi Kemenag Gunungkidul.

“Pun dengan yang terjadi, ini musibah. Anak-anak yang terpapar dan terdampak kami perlakukan dengan baik, mereka dalam keadaan sehat,” tandas Arif.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler