fbpx
Connect with us

Budaya

Kundha Kabudayaan Dorong Kalurahan Selesaikan Buku Sejarah, Target Akhir Juni

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah melalui Kundha Kabudayan tengah mengebut penyelesaian penyusunan buku sejarah kalurahan. Hal ini dilakukan untuk memberikan wawasan kepada generasi kedepan tentang sejarah berdirinya kalurahan. Selai itu juga untuk memberikan edukasi pada wisatawan yang masuk.

Kepala Bidang Sastra Bahasa Sejarah dan Permuseuman, Kundha Kabudayan Gunungkidul, Sigit Pramudiyanto mengatakan nantinya buku sejarah kalurahan sudah selesai secara keseluruhan akan dibuat sebuah program yaitu pentas sandiwara bahasa jawa. Dimana dalam program tersebut menceritakan sebuah sejarah berdirinya sebuah kalurahan.

“Dengan demikian akan semakin menarik warga maupun wisatawan untuk mengetahui lebih dalam tentang sejarah kalurahan di Kabupaten Gunungkidul,” papar Sigit.

Adapun nanti pihaknya akan memanfaatkan Taman Budaya Gunungkidul yang rencananya akhir Juni 2021 ini selesai pembangunan. Sebab di TBG ada sebuah ruangan auditorium yang bisa dimanfaatkan untuk pertunjukan sendra tari ataupun pertujukan lain dengan kapasitas 1.000 orang.

“Kita selesaikan dulu penyusunan buku sejarah kalurahan ini, ada 20 kalurahan yang sekarang proses pendampingan. Karena masih ada beberapa yang belum selesai, nanti kalau sudah selesai baru program lain kami jalankan,”ucapnya.

Pada TBG itu, buku-buku sejarah kalurahan, cerita tentang orang yang pernah menjabat bupati, dan edukasi tentang kebudayaan serta bahasa akan dipajang. Dengan begitu akan menjadi pilihan masyarakat dan pengunjung luar daerah untuk mengenal Gunungkidul.

“Fungsi dari TBG ini tentu beragam,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler