fbpx
Connect with us

Info Ringan

Lima Furniture Jawa Klasik untuk Penghias Ruangan

Diterbitkan

pada

BDG

Jogja,(pidjar.com)–Di Indonesia barang antik bisa diperoleh dengan cara berburu dari kota ke kota. Ada saja pedagang barang antik yang bisa ditemui di kota kota tertentu. Di kota kota tertentu bahkan ada pasar yang menjual barang antik. Solo misalnya, terkenal dengan pasar Triwindu. Jakarta dengan Jalan Surabaya. Kota kota lain seperti Semarang merindukan uluran tangan pemda untuk membangun pasar barang antik, walaupun kenyataannya sudah ada pasar Johar yang secara turun temurun secara tidak resmi sudah menjadi pasar barang antik.

Furniture yang paling terkenal dalam hal dekorasi rumah adalah lemari dan meja kursi. Dalam urusan lemari yang terkenal adalah jenis kayu. Ada kayu sutra Ambon, ada kayu dari Cina yang bernama Swan Ci. Selain urusan bahan baku, furniture juga dipisahkan dalam beberapa kategori misalnya primitif atau Eropa. Kursi panjang risban amat terkenal sebagai kursi primitif yang mestinya pernah dikoleksi oleh seorang kolektor barang antik. Selain pemisahan berdasarkan kurun waktu primitif dan Eropa, masih ada lagi periode Art Deco. Periode ini lebih muda umurnya yaitu sesudah perang dunia ke 2. kemudian masih ada lagi periode Semarangan dan Jengki. Periode Art Deco cirinya adalah lengkung pada sudutnya dan tipis pada papannya. Ciri kategori jengki adalah kakinya yang terbuat dari kayu bulat yang makin mengecil ketika mendekati lantai dan dipasang miring kesamping. Selain kursi lenong, terkenal pula kursi sedan atau kursi becak atau kursi leter D. Ada pula jenis lain yang disebut kursi kanjengan. Kursi lenong, kursi Sedan, dan kursi kanjengan biasanya memiliki tempat duduk dan sandaran yang dibuat dari anyaman rotan.

Berita Lainnya  Delapan Kebiasaan Yang Bikin Pinter

Untuk jenis lemari yang terkenal adalah lemari cina yang disebut Cui Ho. Lemari ini ada yang berukir gambar 8 dewa atau flora dan fauna. Walaupun kecil, harganya bisa mencapai puluhan juta jupiah. Dan ini membuat para pemalsu bergairah untuk membuat reproduksinya. Untuk urusan lemari bergaya Eropa, yang masyhur adalah furnituree Van Der Pol. Ciri barang yang bergaya Van Der Pol biasanya memiliki tiang yang berulir seperti kue untir-untir. Van der pol sendiri adalah perusahaan furnituree tempo doeloe yang tersebar dibeberapa kota di pulau jawa. Berikut pilihan furniture yang bisa menambah nuansa seni apabila dipadukan dengan gaya rumah masa kini.

Lemari Makan

Kata orang-orang tua dulu, ada satu jenis lemari yang jaman dahulu sering digunakan untuk berbagai keperluan alias multi fungsi, lemari jenis ini sering digunakan sebagai lemari dapur untuk menyimpan makanan, lemari pajang maupun sebagai lemari tempat menyimpan cangkir atau piring atau barang pecah belah lainnya.

Berita Lainnya  Tujuh Langkah Melepas Ketergantungan Terhadap Skincare

Meja kursi

Jenis kursi yang terkenal misalnya kursi lenong betawi atau kursi tapel kuda. Biasanya lengkap dengan meja marmer dari Italia yang berwarna putih. Marmer ini bila diraba bagian bawahnya akan terasa kasar, ini tanda bahwa umurnya sudah tua. Bila dilihat pada bagian bawah marmer kadang-kadang bisa ditemukan tulisan agak besar berwarna merah yaitu Samarang atau Batavia. Kursi lenong dan kanjengan ada yang dilengkapi dengan meja yang tiang tengahnya dihias dengan 4 keping tegel berhias gambar berwarna.

 Lampu antik

Tidak lengkap rasanya bila seorang kolektor belum pernah mengoleksi lampu gantung antik yang disebut juga lampu katrol atau lampu kerek. Lampu dari besi dengan ciri khas memiliki sebuah bandul yang cukup berat. Bandul tersebut bergantung pada rantai yang melilit sebuah roda besi diatas lampu. Kegunaan bandul ini adalah untuk menaikkan atau menurunkan posisi lampu.

Gebyok

Berita Lainnya  Tujuh Tanaman Pengusir Nyamuk

Gebyok kuno menandakan jika di tempat asal gebyok ini berasal dari rumah seorang priyayi yang cukup besar dan mewah. Gebyok juga merupakan pendanda strata social di jamannya. Gebyok memiliki sedikit ukiran dengan detil yang indah. Sehingga dapat difungsikan sebagai penghias ruangan pada rumah-rumah masa kini.

Tempat tidur Jati

Tempat Tidur ini sangat unik dan cantik karena memiliki ukiran 3 dimensi di seluruh bagian depannya, ukirannya sangat rumit dan membutuhkan keahlian yang tinggi dari sang pembuatnya. Selain cantik, tempat tidur ini juga sangatlah kokoh dan kuat karena seluruh bagian dari tempat tidur ini terbuat dari kayu Jati.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler