fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Lantik Puluhan Kepala Desa Anyar, Bupati Wanti-wanti Penggunaan Dana Desa

Published

on

Playen,(pidjar.com)–Sebanyak 55 Kepala Desa (Kades) terpilih dilantik oleh Bupati Gunungkidul, Hj Badingah pada Selasa (31/12/2019) tadi. Para Kades anyar tersebut diharapkan mampu membaca potensi yang ada di wilayahnya untuk dapat dimanfaatkan secara maksimal sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Badingah mengatakan, kepala desa yang sudah dilantik ini harus kreatif dan inovatif dalam melayani masyarakat. Selain itu yang juga tak kalah penting adalah pengelolaan sumber daya alam maupun peningkatan sumber daya manusia yang ada di tiap desa masing-masing.

“Kades ini kan yang ada di wilayah, seharusnya tahu potensi apa saja yang ada. Kades harus bisa membacanya,” kata dia.

Dengan adanya pemetaan potensi yang ada di tiap desa, diharapkan nantinya hal tersebut dapat dikembangkan oleh desa baik menggunakan dana desa maupun dari Pendapatan Asli Desa. Dengan begitu nantinya kesejahteraan masyarakat dapat ditingkatkan oleh pemerintah desa setempat.

Berita Lainnya  Kursi Pejabat Lowong, Pemkab Segera Lakukan Lelang Terbuka Untuk 2 Posisi Jabatan Kepala Dinas

“Selain itu, kepala desa juga harus dapat mendorong pambangunan partisipatif,” imbuh Badingah.

Dirinya juga menyoroti terkait penggunaan dana desa, menurutnya dana desa harus bisa digunakan untuk menyejahterakan rakyat pedesaan. Kades terlantik ini diharuskan memiliki komitmen yang kuat dalam dalam menindaklanjuti dana desa.

“Kepala desa (Kades) harus mempunyai komitmen yang kuat, berintegritas sehingga dalam bekerja dalam menindaklanjuti dana desa, dapat diarahkan kepada kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Badingah mengatakan peran masyarakat juga sangat dibutuhkan dalam mengawasi dan mengawal dari mulai perencanaan, pembangunan, sampai dengan evaluasi dan kemanfaatan pembangunan tersebut. Sehingga dengan adanya campur tangan masyarakat dan pengawasan dari pemerintah Kabupaten Gunungkidul, dana desa nantinya akan bisa tersalur dan digunakan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

Berita Lainnya  Wujudkan Satu Peta DIY, Seluruh Lahan Ditargetkan Sudah Bersertifikat di Tahun 2019

“Dengan begitu nanti kemiskinan di Kabupaten Gunungkidul dapat ditekan serta masyarakat di desa mempunyai daya saing. Kembali ke potensi desa harus dimanfaatkan dengan baik, kepala desa harus dapat mengarahkan masyarakatnya,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) Gunungkidul, Sudjoko, memaparkan, pihaknya sangat bersyukur bahwa prosesi Pilkades serentak di Gunungkidul bisa berjalan lancar hingga proses pelantikan. Dalam pemilihan kepala desa yang dilaksanakan pada pertengahan Oktober menurut Sudjoko, berlangsung dengan aman tanpa adanya insiden.

Dirinya berharap kepada kepala desa yang sudah dilantik agar dapat segera bekerja dengan maksimal, serta menjunjung integritas sebagai kepala desa.

“Harus segera bekerja dengan maksimal serta tetap menjunjung tinggi integritas sebagai kepala desa, tetap transparan dalam memimpin desa,” kata Sudjoko.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler